Cara Mendapatkan Token Gratis Bagi Pelanggan Golongan 450 VA Dan Golongan Subsidi 900 VA

0
455

NASIONAL, radar-x.net – Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen bersubidi 900 VA. Kini PT PLN (Persero) sudah menyediakan mekanisme untuk pembagian token listrik graits bagi pelanggan prabayar golongan 450 Volt Ampere (VA) dan golongan subisidi 900 VA.

Seperti yang disampaikan oleh Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka mengatakan, token gratis dapat didapat pelanggan melalui situs atau Whatsapp resmi PLN. Pelanggan hanya perlu mengirimkan nomor ID pelanggan dan mengirimkannya ke website www.pln.co.id atau ke Whatsapp dengan nomor 08122-123-123.

“Pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir,” kata Made dalam keterangan tertulis, Kamis (2/4/2020).

Berikut adalah cara mendapatkan token gratis bagi pelanggan golongan 450 VA dan golongan subsidi 900 VA melalui situs resmi.

1. Buka laman www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Corona, Mulai Besok Plt Gubernur Aceh Liburkan Sekolah

Apabila pelanggan ingin mengklaim token gratis melalui Whatsapp, berikut caranya:

1. Buka Aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul.
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Walaupun kebijakan listrik gratis diberlakukan selama 3 (tiga) bulan, Made menjelaskan pemberian token akan diberikan secara bertahap setiap bulannya.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon tarif listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” jelas Made.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana sebelumnya menjelaskan, besaran token gratis yang akan diberikan kepada pelanggan golongan 450 VA dihitung berdasarkan penggunaan listrik terbesar selama 3 (tiga) bulan terakhir. Dipastikan pihaknya bersama dengan PLN, sudah memilki data terkait profil penggunaan listrik pelanggan selama beberapa bulan terakhir. Dengan demikian, PLN akan memberikan token gratis dengan besaran yang ditentukan dengan mengambil data penggunaan.

Baca Juga:  Memprihatinkan, Seluruh Pengguna Narkoba di Aceh Berusia Produktif

“Kami dan PLN, sudah punya profile-nya dari masing-masing pelanggan dan mereka ketahuan beli maksimumnya dalam 3 (tiga) bulan terakhir itu berapa dan itu lah yang kita berikan secara gratis 3 (tiga) bulan ke depan angka maksimumnya,” papar Rida.

Kementerian ESDM dan PLN juga menggunakan skema penghitungan besaran yang sama untuk pelanggan listrik golongan 900 VA subsidi. Namun bedanya, setelah nanti ditemukan berapa biaya penggunaan listrik terbesar selama 3 (tiga) bulan terakhir, akan dipotong sebesar 50% (limapuluh persen). Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Presiden Joko Widodo, dimana pelanggan listrik golongan 900 VA subsidi mendapatkan potongan sebesar 50% (limapuluh persen).

“Sebagaimana disampaikan Presiden akan diberikan diskon 50% (limapuluh persen) dari biaya pemakaian dan beban, nah itu akan dikalikan 50% (limapuluh persen), intinya membayar 50% (limapuluh persen) lah,” pungkas Rida. (Ran/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.