Pungli Karcis Wisata Sungai Tamborasi, Kadis Diduga Main Mata

0
48

KOLAKA, radar-x.net – Wisata yang terbilang pesat pengunjungnya di kabupaten Kolaka, terciderai akibat adanya dugaan pungli karcis yang merupakan salah saru persyaratan pengunjung untuk memasuki kawasan wisata tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran LSM KPK Nusantara, yang dilakukan langsung oleh Ketua Sulawesi Tenggara, menemukan adanya pungutan sebesar Rp. 5.000 Per Orang untuk Dewasa dan Rp. 2.500 Perorang untuk anak-anak. Kemudian untuk parkiran, para pengunjung membayar Rp. 10.000 per 1 Unit Mobil dan Rp. 5.000 perunit.

Berdasarkan hasil Pemantauan langsung dari Ketua LSM KPK Nusanatara, bahwa dari pungutan tersebut, tidak sehelaipun karcis yang diberikan kepada pengunjung.

Setelah mendengar keterangan dari pengelola, bahwa petugas Wisata membayar kewajiban kepada Dinas Parawisata sebesar Rp. 35.000.000 pertahun.

Menurut beberapa orang Pekerja/Petugas di tempat wisata tersebut saat dimintai keterangan Ketua DPD LSM KPK Nusantara pada Minggu (05/01/2020), mereka mengatakan bahwa kesulitan untuk menutupi kebutuhan hidupnya.

Melihat kejadian ini, patut diduga Kadis Parawisata bersama Penanggungjawab pengelola Wisata Indah Tamborasi, ada permainan mata, tanpa memikirkan kesejahteraan Para Pekerja yang bertugas. Kemudian Pungutan biaya Karcis tanpa memberikan Karcis kepada Pengunjung adalah salah satu bentuk Pelanggaran terhadap UU TPPU, yang masuk ke ranah Tipikor. Karena diduga mendatangkan kerugian terhadap Keuangan Negara.

Baca Juga:  Kinerja Kapolretasbes Medan Kombes Pol Jhonny Eddizon Issir, Di Apresiasi MPSU

“Olehnya itu, Saya tegaskan akan meminta klarifikasi dari Dinas terkait serta akan melaporkan kejadian ini kepada Pihak Penegak Hukum, agar tidak menjadi kebiasaan yang tidak patut dipandang menurut Hukum yang berlaku di Negara kita ini,” pungkas Aslan. (Fad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.