Kejaksaan Negeri Sampang, Kembalikan Uang Hasil Korupsi Dengan Nominal Rp 9.9 miliar

0
74

SAMPANG, radar-x.net – Kepala Kejari Sampang Maskur menjelaskan bahwa uang yang dikembalikan ke kas negara yaitu adalah uang hasil sitaan pada kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada bantuan tanaman benih tebu di tahun 2013.

Dana tersebut, berasal dari bantuan sosial pengembangan tanaman tebu dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara (APBN) sebesar Rp 19.9 miliar.

Yang terjerat kasus korupsi itu adalah Ketua Kelompok Tani (Poktan) Damarwulan, inisial “AH” dan “A”, Ketua KPTR Tani Usaha Makmur, “EJ”, Ketua Koperasi Petani Tebu Rakyat Madura Serba Usaha “AZ”.

Pengembalian uang hasil korupsi itu dilakukan Kejari Sampang melalui salah satu bank dari tangan terpidana korupsi ke kas negara, sesuai amar putusan Pengadilan Negeri (Tipikor) Surabaya.

“Dari hasil sitaan tersebut, Kejari mengamankan 43 rekening bank yang tergabung dalam koperasi Usaha Makmur dan Serba Usaha”. Kata Maskur saat pers rilis.

Dijelaskannya, sebanyak 43 rekening bank terbagi menjadi dua kelompok, dengan rincian 21 Poktan berada dibawah naungan Koperasi Serba Usaha, dan 22 lainnya berada dibawah naungan Usaha Makmur, dengan terpidana Edi Junaedi, syaihul anwar, Gada Rahmatullah, Abdul Aziz, Abdul Majid, Slamet Riyadi, Imam, Singgih Bektiono.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso Lakukan Kunjungan Ke Wisata Rengganis

“Kami menyerahkan uang itu kepada bank yang bersangkutan untuk segera dikembalikan ke kas negara,” pungkasnya. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.