LSM KPK Nusantara DPC Bogor Sidak Pembagian dana PIP SDN 01 Babakanraden

0
4

BOGOR, radar.x-net – Sekolah Dasar Negeri 01 Babakanraden Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor Jawa Barat, bagikan dana Program Indonesia Pintar (PIP) pada orang tua murid pada Jum’at (29/11/19) disaksikan ketua Komite Sekolah.

Menurut kepala sekolah SDN 01 Babakan Raden, Dindin mengatakan bahwa dana PIP murid sudah dicairkan secara kolektif oleh guru sekolah pada Selasa (26/11/19), tetapi karena kesibukan dirinya dan ketua komite sekolah, maka sepakat dana PIP dibagikan pada Jum’at (29/11/19).

“Dana PIP dicairkan secara kolektif oleh guru sekolah pada Selasa (26/11/19), tetapi karena kami dan guru banyak kegiatan maka atas persetujuan Komite Sekolah dana PIP dibagikan pada hari Jum’at (29/11),” katanya pada awak media radar-x.net.

Foto: proses sebelum pembagian Dana PIP pada orang tua murid.

Berdasarkan keterangan Komite Sekolah SDN 01 Babakanraden Rokim, bahwa dari jumlah 55 murid yang mendapat bantuan PIP hanya 30 murid, maka atas kesepakatan orang tua murid yang menerima dana PIP tersebut dibagi rata kepada semua murid.

“Karena kasihan pada murid yang orang tuanya benar-benar tidak mampu tapi tidak dapat bantuan, maka atas kesepakatan dari orangtua murid yang menerima dana PIP dibagi rata kepada seluruh murid SDN 01 Babakan Raden,” ungkapnya.

Menurut penjelasan Ketua DPC LSM KPK Nusantara Bogor Soklar alias Oskar, bahwa apapun alasannya menunda pembagian dana PIP dan bagi rata kepada semua murid adalah tidak bisa dibenarkan, karena yang berhak menerima bantuan adalah murid yang punya Kartu PIP atau KIP. Pencairan secara kolektif hanya untuk mempermudah orangtua murid, bukan berarti pihak komite dan guru bisa seenaknya mengatur pendistribusian uang tersebut, jelas itu melanggar Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP).

“Menunda pembagian dana PIP dan dibagi rata pada semua murid di SDN 01 Babakanraden tidak bisa dibenarkan, karena yang berhak menerima bantuan hanya murid yang punya kartu PIP/KIP, pencairan kolektif hanya untuk mempermudah orangtua murid bukan berarti guru atau komite sekolah seenaknya mengatur pendistribusian uang tersebut. Hal seperti ini jelas melanggar Juklak Program PIP, ‘ katanya pada awak media radar-x.net.

Foto: Tim LSM KPK Nusantara sidak pembagian dana PIP.

Ketua LSM KPK Nusantara Bogor, Soklar alias Oskar menegaskan, bahwa berdasarkan laporan pengaduan masyarakat, maka LSM KPK Nusantara Bogor melakukan sidak pembagian dana PIP ke Sekolah SDN 01 Babakan Raden Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor pada Jum’at (29/11).

“Atas dasar pengaduan masyarakat maka kami langsung sidak ke SDN 01 Babakanraden sebelum uang dana PIP dibagikan, hal ini untuk mencegah terjadinya pelanggaran sehingga pembagian dana PIP kepada orangtua murid sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan jika tetap dibagi rata pada semua murid, maka LSM KPK Nusantara Bogor tidak segan-segan akan melaporkan kepada pihak yang berwajib, dan tidak tertutup kemungkinan untuk sekolah lain,” pungkasnya. (Tatang/Nova)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.