Posyandu Cempaka 2, Rutin Lakukan Emo Demo Demi Balita Sehat

0
8
Foto: Ibu Balita Posyandu Cempaka 2 mempraktikkan 5 langlah cuci tangan dengan sabun yang baik dan benar.

BONDOWOSO, radar-x.net – Beberapa posyandu di Puskesmas Maesan Desa Sugerlor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso menjalankan rutinitas baru sejak 9 September 2019. Salah satunya, yaitu Posyandu Cempaka 2 tentang Emo Demo (Emotional Demonstrasi). Begitulah ibu-ibu balita selama ini mengenal program ini selama 1 tahun terakhir.

Emo Demo merupakan salah satu kegiatan program BADUTA 2.0 yang dibawa oleh GAIN (Global Alliance for Improved Nutrition) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso sejak bulan Mei 2018.

Emo Demo di Kecamatan Maesan diawali dengan dilatihnya tenaga kesehatan dan Ketua TP PKK Desa Kecamatan Maesan untuk mengikuti undangan pelatihan untuk pelatih di Kabupaten Bondowoso.

“Kami dilatih selama 4 tahapan, dimana setiap tahapan kami berlatih 3 modul Emo Demo untuk kami latihkan kembali ke kader posyandu di Puskesmas. Kader akan menyampaikan Emo Demo sebanyak 1 modul setiap bulannya”, cerita Ibu Silvi selaku bidan koordinator Puskesmas Maesan saat melakukan supervisi.

Yel-yel Rumpi Sehat, ikon yel-yel kegiatan Emo Demo yang selalu didengungkan setiap bulannya seperti telah menancap dibenak ibu-ibu balita dalam melakukan perubahan perilaku Pemberian Makan pada Bayi dan Anak (PMBA). Ibu-ibu baduta (Bayi dibawah usia 2 tahun) di Posyandu Cempaka 2 ini mulai belajar hanya memberikan ASI saja kepada bayinya sejak usia 0-6 bulan, Ibu-ibu balita mulai mengurangi cemilan sembarangan untuk buah hatinya.

Foto: Evaluasi bersama Bidan Koordinator, bidan desa dan kader setelah Emo Demo berlangsung.

Selvi juga menambahkan, bahwa sasaran ibu balita di Posyandu ini berkisar 60 orang, sehingga kader mendemonstrasikan Emo Demo 2 kali setiap bulannya demi terpaparnya pesan kunci Emo Demo ke semua sasaran.

“Kalau tidak 2x banyak yang tidak ikut bu, karena datangnya juga tidak bebarengan bu…! kan eman bu..!, kalau 2x yang tadinya ikut di gelombang 1 tetapi belum full dapatnya, bisa mengikuti lagi di gelombang 2. Saya benar-benar berharap ibu-ibu bisa berubah perilakunya meski kadang mendengarkan Emo Demo hanya asal-asalan bu. Pokoknya ibu-ibu hamil dan balita sehat, kami sebagai kader sungguh lega dan bangga bu..”, tukas Galuh saat diskusi dengan bidan dan TC GAIN.

Melalui Emo Demo Cuci Tangan Pakai Sabun yang hari ini dilakukan oleh Ibu kader Galuh, besar harapan para kader dan jajaran tenaga kesehatan di Puskesmas Maesan agar ibu-ibu balita mulai terbiasa cuci tangan pakai sabun dengan 5 langkah yang baik dan benar. (*)

* Ditulis oleh: Pipit Sri Wahyuni, Training Coordinator GAIN Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.