Budaya Peninggalan Nenek Moyang Tetap di Lestarikan Pemdes Tegal Taman

0
6

INDRAMAYU, radar-x.net – Budaya Ngunjung dan Sedakah bumi yang merupakan tradisi/peninggalan nenek moyang kita terdahulu, sebagai bentuk mendoakan para leluhur dan tokoh Desa yang telah wafat, masih tetap dilestarikan oleh Pemerintahan Desa Tegal Taman Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Penyelenggaran Tradisi/budaya peninggalan nenek moyang kita terdahulu tersebut, di selenggarakan oleh Pemerintahan Desa Tegal Taman pada Kamis (31/10/2019) di TPU Buyut Wedo blok 3 cukup antusias di lestarikan oleh masyarakat Desa Tegal Taman yang dibuktikan dengan ratusan tumpeng disajikan di pagelaran Wayang Kulit Karya Budaya di acara Ngunjung.

Jamroni, Kuwu Desa Tegal Taman saat di hubungi awak media radar-x.net mengatakan, acara Ngunjung yang diselenggarakan tersebut, dilaksanakan oleh Panitia yang sudah dibentuk seperti, H. Surpan sebagai Ketua. Nurkadi, sebagai Wakil Ketua. Kurdi, sebagai Bendahara, dan Tarsiyah/Jeky sebagai Sekretaris.

“Kita sebagai warga yang baik, senantiasa menghargai adat istiadat dan budaya serta akan tetap konsisten melestarikan adat budaya (Ngunjung) yang merupakan peninggalan nenek moyang kita terdahulu, dan kami berharap acara ini terus dijaga dan di lestarikan, karena sudah masuk program pemerintah, karena kebudayaan bukan hanya sebagai seni, akan tetapi termasuk Adat Istiadat,” terang Jamroni.

Selain itu, lanjut Jamroni, Tradisi Ngunjung yang identik diselenggarakan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) merupakan acara Do’a bersama dan mengenang para leluhur atau Tokoh Desa yang telah wafat juga merupakan wujud syukur masyarakat Desa Tegal Taman kepada sang khalik yang telah memberikan segala nikmat dan rejeki.

“Kami selaku pemerintahan desa sangat mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga desa tegal taman yang sudah mendukung terselenggaranya acara Ngunjung.” Pungkasnya. (Nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.