Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sumuradem Peduli Regenerasi Sukses Resufle Pengurus

0
8

INDRAMAYU, radar-x.net – Kelompok Wanita Tani (KWT) Yasmin Desa Sumuradem Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu, yang semula diketuai Ibu Mahmudah pada 27 Agustus 2019 telah Resmi di resaple dan diketuai oleh Ibu Siti Jahrona.

Kesuksesan Resuffle Pengurus dan Anggota yang merupakan bentuk kepedulian terhadap regenarasi kepada yang muda. Pada Rabu (18/9/2019) di Sekretariat KWT Yasmin mengelar acara Syukuran yang dihadiri Kepala UPTD BPP Kecamatan Sukra, DR. Misna Budiyawanto, M.M.Pd. Koordinator Penyuluh Pembina KWT Kecamatan Sukra, Khasan, Kuwu Desa Sumuradem, H. Tasmarih yang diwakili Perangkat Desa dan 25 Pengurus dan Anggota KWT Yasmin.

Mahmudah yang sekarang menjabat sebagai Pembina di kelompok Wanita Tani (KWT) Yasmin kepada radar-x.net mengatakan, “memberikan tanggungjawab kepada yang lebih muda (Regenerasi) itu sangat perlu, karena dalam berorganisasi kita harus memberdayakan yang muda yang memiliki potensi serta semangat dalam memajukan KWT, karena Kelompok Wanita Tani merupakan suatu wadah yang memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk ikut andil dalam membantu pekerjaan laki – laki.” Terangnya.

Kepala UPTD BPP Kecamatan Sukra, DR. Misna Budiyawanto, M.M.Pd, didampingi Khasan selaku Koordinator Penyuluh/Pembina Kelompok Wanita Tani, menjelaskan, Kelompok Wanita Tani (KWT) digunakan sebagai sarana guna kegiatan pembinaan dalam peningkatan kualitas Sumber daya petani wanita.

“Salah satu kegiatan yang bisa mengaktualisasi kaum perempuan yaitu dengan mengikuti organisasi, organisasi perempuan melalui KWT, diharapkan dapat memberikan kesempatan dalam mengolah kemampuan untuk mengolah lahan sebagai sumber membantu perekonomian serta kesejahteraan dirinya, seperti pengembangan pekarangan untuk perkebunan yang diperuntukan pembudidayaan sayur atau perikanan untuk kebutuhan hewani dan Nabati, sehingga mereka tidak usah membeli di pasar.” Terangnya.

Selain itu, Khasan menambahkan, KWT Yasmin yang ada di Desa Sumuradem memiliki program yang sangat bagus untuk didukung oleh semua stoukholder, karena Kelompok Wanita Tani yang Ada memiliki konsep program yang jelas serta sudah jalan, seperti Budidaya Sayur mayur yang menggunakan pupuk organik yang ramah lingkungan.

“Kedepan akan membuat Program Kawasan Rumah Pemukiman Lestri (KRPL) serta budidaya ikan, dengan Program yang akan dilaksanakan oleh KWT Yasmin Desa Sumuradem tersebut, mendapatkan dukungan dari Pemerintahan Desa Sumuradem yaitu Kuwu H. Tasmarih.” Paparnya. (Nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.