Kelompok Sumber Ternak Jaya Desa Sumuradem Terbentuk

0
10

INDRAMAYU, radar-x.net – Pemberdayaan masyarakat merupakan sebuah paradigma pembangunan yang berkeadilan di mana arah pembangunan berpusat pada rakyat sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas ke arah kemandirian.

Dikatakannya, dalam pemberdayaan masyarakat, sangat diperlukan peranserta aktif masyarakat. Dalam paradigma ini peran individu bukan sebagai obyek melainkan sebagai pelaku (subyek) yang menetapkan tujuan, mengendalikan sumberdaya, dan mengarahkan proses yang mempengaruhi kehidupannya.

“Strategi yang digunakan dalam pemberdayaan masyarakat adalah dengan melakukan penguatan kelembagaan yang merupakan sebuah kegiatan dalam rangka memberdayakan masyarakat petani peternak agar mau dan mampu secara mandiri berperan serta dalam pengelolaan dan pelestarian ternak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Terang Kepala UPTD-BPP Kecamatan Sukra Kabupaten Indranayu, DR. Misna Budiyawanto kepada radar-x.net usai pembentukan Kelompok Ternak “Sumber Terak Jaya” Desa Sumuradem blok kalentengah yang diketuai oleh Dulkornen S.Pd. MM, dengan Anggota sebanyak 25 Orang, yang merupakan sosok Ketua KNPI Kecamatan Sukra.

DR. Misna menambahkan, ibarat kata, Kelopok ternak pedati, akan berjalan bila di Cambuk. Kelompok ternak Jepati, akan berjalan bila ada bantuan dan Kelompok ternak Sejati ideal dengan UPTD, karena pada prinsifnya menjalin kebersamaan dalam pemberdayaan kelompok, merupakan awal perjuangan yang harus di pikul bersama-sama, manis, pahit, getir dan sejahtera harus bersama, karena kelompok bukan milik ketua, akan tetapi milik bersama,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Dulkornen, S.Pd. M.M Ketua Kelompok Ternak “Sumber Ternak Jaya” Desa Sumuradem, Jumat (27/9/2019) kepada radar-x.net mengatakan, keberadaan Kelompok Ternak yang ada di Sumuradem sebenarnya sudah ada sebelum dibentuknya Kelompok, seperti Kelompok Ternak itik dan Kelompok ternak Kambing, dan sudah memproduksi pakan ternak.

“Dengan dibentuknya kelompok ternak yang dijadikan satu wadah dalam kelompok kami berharap bisa ada perhatian dari pemerintah, karena menurut Dulkornen, warga yang tergabung dalam kelompok ternak yang saya ketuai, mampu memberdayakan masyarakat petani ternak agar mau dan mampu secara mandiri serta mampu merubah kondisi ekonomi kehidupannya secara berjenjang, serta bisa meningkatkan kesejahteraan penghidupan,” ujarnya.

“Kami berharap kedepannya, Kelompok petani ternak yang kami bentuk, mendapatkan dukungan dari pemerintah, sehingga masyarakat tingkat bawah bisa hidup mandiri serta mendapatkan penghasilan tetap dari usaha ternak yang dikembangkannya.” Harapnya. (Nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.