Diduga Dukun Palsu Melakukan Penipuan Berkedok Pengobatan Alternatif

0
7

BANYUWANGI, radar-x.net – Diduga melakukan penipuan berkedok Dukun pengobatan alternatif seorang wanita paruh baya di gelandang Kanit Reskrim Polsek Srono, berdasarkan laporan korbannya pelaku melakukan aksinya di dusun Karanglo desa Sukonatar kecamatan Srono, Sabtu (31/08/2019).

Menurut keterangan korban, pelaku datang kerumahnya, saat dirumah korban pelaku melakukan aksinya dengan cara memberitahukan bahwa Korban kena guna-guna dari orang lain, apa bila dibiarkan dan tidak segera disembuhkan guna-guna tersebut akan berakibat fatal, bisa mengenai anaknya yang mengakibatkan kematian, karena merasa takut kemudian meminta solusi kepada pelaku. Untuk bisa menghilangkan guna-guna pelaku menawarkan diri, bahwa dirinya bisa menyembuhkan guna-guna tersebut dan memberitahu syarat-syarat yang dibutuhkan dalam penyembuhan.

Korban mengiyakan apa yang disyaratkan oleh pelaku saat itu dengan meminta uang Rp. 2.600.000, dengan alasan untuk membeli minyak, setelah diberi uang pelaku pamitan pulang untuk menyiapkan persyaratan.

Korban menjelaskan, Keesokan harinya, Selasa (20/08/2019), sekira pukul 13.30 WIB, pelaku datang kerumah pelapor dengan membawa persyaratan selanjutnya melakukan prosesi penyembuhan terhadap Korban dan anaknya setelah selesei prosesi, Pelaku menyampaikan kepada Korban bahwa sudah bebas dari guna-guna, kemudian pelaku meminta uang lagi kepada Korbannya sebesar Rp. 1.550.000,- dengan alasan untuk membeli minyak kembali.

Menurut keterangan Kapolsek Srono melalui Kanit Reskrimnya Ipda Sutarkam membenarkan bahwa ada pelaku penipuan dan penggelapan pada tanggal (25/08/2019) yang lalu berkedok Dukun pengobatan alternatif. Setelah itu tersangka dugaan melakukan penipuan dan Pemerasan korbannya, kurang lebih total kerugian yang dialami korbannya 4.000.000 lebih jelasnya.

“Pelaku atas nama Waginah, (43) pekerjaan Tani, asal Dusun. Bayu, Rt 01 Rw 01, Desa Bayu, Kec. Songgon dan nama Korbannya, Eko Wahyudi (32) pekerjaan Swasta, asal Dusun. Karanglo Rt 03 Rw 01, Desa. Sukonatar, Kec. Srono,
Dengan Barang Bukti 1 batang lilin merah. 1 kaleng berisi dupa lingkar.
1 gelas panjang berisi 1 botol minyak tumbal. 1 bungkusan kain hitam berisi 1 set kartu lintrik. 1 kardus berisi 7 takir jenang sengkolo. 1 buah tas cangklong warna merah bata.
1 buah dompet warna merah berisi uang tunai Rp. 520.000, 2 buah kendil terbungkus kain putih berisi beras kuning, bunga setaman dan telor,” terangnya kepada awak media. (Daf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.