PTSL Desa Suko Jember Rp. 1 Juta, Kini Masyarakat Dipanggil Polisi Sebagai Saksi

0
72
Tim Pandawa LSM KPK sebagai Pelapor Dugaan
Tim Pandawa LSM KPK sebagai Pelapor Dugaan “PUNGLI” PTSL Di Desa Suko Jember, Memegang Surat Panggilan tiga(3) Saksi Dari Tipikor Polrea Jember

Jember, radar-x.net – Dugaan Pungutan Liar (PUNGLI) PTSL Desa Suko Jember, Kec. Jelbuk, Kab. Jember terus dikawal oleh tim Pandawa LSM-KPK(Komunitas Pemantau Korupsi). Kemarin LSM KPK sudah diperiksa sebagai Pelapor di Mapolres Jember, kini para saksi-saksi mulai di Panggil oleh Polres Jember untuk dimintai keterangan.

Panggilan yang sudah sampai di tangan para saksi yaitu para masyarakat yang mengajukan sertifikat dalam Program PTSL tahun 2018 merasa keberatan disaat sudah tau bahwa Program PTSL biayanya ditanggung oleh APBD dan APBN sebesar Rp. 150ribu, yang faktanya di Desa Suko Jember biaya PTSL Rp. 1 Juta.

Dilansir dalam media ini, Tim Pandawa LSM KPK, Haryono, menyampaikan, “kami kawal terus laporan kami mas, saat ini saksi-saksi sudaj mulai dipanggil oleh Tipikor Polres Jember, karena seperti yanh dikatakan Presiden Jokowi bahwa ” kawal bersama program PTSL awas jangan ada Pungli “, katanya sambil menirukan seruan dari Presiden, saat ditemui diruang kerjanya Kantor DPP LSM KPK, Jl. Gatot Subroto Lantai II Sumberjambe.

Ditambahkan oleh Apin, anggota LSM KPK yang pengalaman di bidang olah data , “apapun bentuknya Program PTSL haruslah sesuai peruntukan dan penggunaaannya agar supaya hajad besar bangsa terealisasi kepada masyarakat dalam program PTSL ini, bukan masyarakat malah di “Peras” oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga program Bangsa untuk Sertifikat murah seolah olah tidak tepat kepada sasaran, kami sudah kirim surat resmi kepada Presiden-RI, 3 Kementrian dan BPN Provinsi dan Pusat terkait keberadaan PTSL yang ada di Kab. Jember terutamanya di Desa Suko Jember,” ungkapnya.

” Kami dari Lembaga Swadaya murni tidak ada tendensi apapun hanya ingin mengawal program dari pemerintah, agar supaya tidak dibuat ajang memperkaya diri bagi oknum-oknum penyelenggara Program PTSL, harapan besar kami kepada Polres Jember untuk menindak tegas bagi para pelakunya,” tambahnya.

Lebih jauh, Saiful. R, yang juga sebagai tim Pandawa KPK, melanjutkan bahwa hasil kajian investigasi datanya setidaknya PTSL di tahun 2018 yang realisasi di 19 desa 50 ribu bidang patut kita awasi bersama biar tidak di “Pungli” oleh para oknum yang berkepentingan, Jumaat ini kami akan kawal para saksi untuk diperiksa oleh Tipikor Polres Jember, lanjutnya. (Hns)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.