Camat Patrol Teguh Budiarso, Resmikan Anggota BPD 8 Desa

0
23

INDRAMAYU, radar-x.net – Peresmian/Pelantikan Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Periode 2019 – 2025 yang sudah ditetapkan melalui pemilihan yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa beberapa waktu lalu, kini telah diresmikan/dilantik oleh Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.si, yang diwakilkan kepada Camat Patrol Teguh Budiarso, S.Sos.Msi, Senin (15/7/2019) di Aula Kantor Desa Patrol Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat.

Persemian Ketua dan Anggota BPD tersebut dihadiri, Kapolsek Patrol H. Mashudi, SH.MH, Danramil Anjatan, Kapten Inf. Sukanda yang diwakili Serma. Toto. Ketua MUI Kecamatan Patrol, Ustazd. Sahroni. Plt Kepala KUA Patrol, Nanang Sahroni, juga hadir Kepala Desa (Kuwu) dari 8 Desa yang ada di wilayah Pemerintahan Kecamatan Patrol.

Camat Patrol Teguh Budiarso, S.Sos. M.Si, memaparkan di acara Peresmian Ketua dan Anggota BPD Badan Permusyawartan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, BPD dapat dianggap sebagai Mitra kerja Desa, BPD merupakan lembaga baru di Desa pada era otonomi daerah di Indonesia.

“Anggota BPD adalah wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan Blok/Dusun yang ada di Desa. BPD berfungsi menetapkan peraturan Desa bersama Kepala Desa (Kuwu), menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, dan BPD memiliki wewenang dalam membahas rancangan perturan Desa bersama kepala Desa, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa, mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa, membentuk panitia pemilihan Kepala Desa.” Paparnya.

Selain itu, lanjut Teguh Budiarso S.Sos.Msi, BPD berperan serta dalam menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi Masyarakat, dan memiliki hak meminta keterangan kepada Pemerintahan Desa, menyatakan pendapat, mengajukan rencana peraturan desa, mengajukan pertanyaan, menyampaikan usulan dan pendapat, memilih dan dipilih serta memperoleh tunjangan.

“Saya berharap kepada Ketua dan Anggota BPD yang mengemban Amanat masa jabatan tahun 2019 – 2025. dapat Sinergi dengan Pemerintahan Desa dalam melaksanakan Program-Program Pembangunan Desa kedepan.” Jelasnya.

D

i tempat yang sama, Karnali, SE Kepala Desa (Kuwu) Desa Patrol mengatakan, ” Saya pribadi berharap kepada Anggota BPD Desa Patrol yang sudah terbentuk dari hasil Pemilihan langsung yang di laksanakan di tiga blok yang ada di Desa Patrol yaitu Blok Tiben, Blok Bunder dan Blok Welini beberapa lalu, dan sekarang sudah diresmikan/dilantik oleh Camat Patrol, dapat menjalin sinergitas dengan Pemerintahan Desa, karena BPD merupakan mitra Pemerintahan Desa dalam menjalankan roda pemerintahan Desa dan Program-Program Pembanguna Desa, dan bila dari kedua unsur ini mampu bekerjasama dan bersinergi, insya Allah, dapat mewujudkan Program pembangunan Desa akan terselenggara sesuai dengan harapan dan keinginan Masyarakat.” Terangnya.

M. Nasirudin Jami, Ketua BPD Desa Patrol Baru, Usai dilantik mengatakan, secara yuridis, tugas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mengacu kepada regulasi desa, yakni Undang-Undang Desa Nomer 6 tahun 2014 tentang Desa.

” Insa Allah, saya selaku Ketua bersama Anggota akan melaksanakan tugas sesuai Tupoksi yang ada, dan akan berupaya meningkatkan kinerja kelembagaan di tingkat Desa, yang mampu memperkuat kebersamaan dengan Kepala Desa dalam melaksanakan program-program Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.” Terangnya.

Berikut nama-nama yang sudah diresmikan/dilantik dan diambil Sumpah Jabatan oleh Bupati Indramayu yang diwakili Camat Patrol Teguh Budiarso, S.Sos.Msi; M.Nasirudin Jami. Ketua BPD Desa Patrol Baru. H. Fahrur Rifai, S.Pd, Ketua BPD Desa Sukahaji. Fuad Kurdi, Ketua BPD Desa Arjasari. Mokoginta, Ketua BPD Desa Patrol, Dra. Hasnawati, Ketua BPD Desa Bugel. Asep Wawan Hermanto, Ketua BPD Desa Patrol Lor. Sunata, Ketua BPD Desa Mekarsari dan Toiding, Ketua BPD Desa Limpas.
(Nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.