Kuwu Cato: Terbentuknya BPD Periode 2019-2024 Dapat Sinergi Melaksanakan Program Pembangunan Desa

0
11

INDRAMAYU, radar-x.net – Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Mekarsari Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu Periode 2019 – 2024 yang terpilih melalui pemilihan langsung yang di gelar di Kantor Desa Mekarsari, Rabu (12/6/201 ) Ketua, Sunanta. Wakil Ketua, Karto. Sekretaris, Junedi,SE. Anggota, Maman fujianto, Nurohim, Sudanto, Luwih, Sutadi, Sutiyati. Pengganti Antar Waktu (PAW) Tajudin, Khaerul Atamimi dan Edi Supriyadi.

Cato kuwu Desa Mekarsari didampingi Sekretaris Desa (Sekdes) Ato Fujianto disela-sela pelaksanaan Pemilihan Anggota BPD kepada radar-x.net menjelaskan, bahwa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan Demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “Parlen”-nya desa. BPD merupakan lembaga baru di Desa pada era otonomi daerah di Indonesia.
Anggota BPD adalah wakil dari Penduduk berdasarkan keterwakilan blok yang ada di Desa Mekarsari, dengan jabatan selama 6 tahun.

“BPD dalam sistem pemerintahan Desa menempati posisi yang sangat berfungsi guna membahas dan menyepakati rencana peraturan Desa bersama Kepala Desa (Kuwu), menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa serta menyepakati peraturan Desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan program pembangunan Desa,” terangnya.

Menurutnya, Pengesahan anggota BPD ditetapkan dengan keputusan Bupati Indramayu, sebelum memangku jabatan BPD, para anggota BPD yang sudah dijaring melalui pemilihan akan diambil sumpah jabatan.

“Sebelum memangku jabatan BPD, para anggota yang sudah dijaring melalui pemilihan akan diambil sumpah jabatan,” pungkas Kuwu Cato. (Nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.