Ketua Panitia PPDB Sumut Tepis Adanya Sistem Percaloan Siswa

0
17
Ruslan, Ketua panitia PPDB Sumatra Utara, diruang kerjanya.

MEDAN, radar-x.net – Ketua panitia PPDB Sumatra Utara, Ruslan diruang kerjanya mengatakan kepada masyarakat atau orangtua siswa jangan percaya dengan jasa percaloan untuk memasukkan siswa ke SMA Plus atau favorit. Kamis 20 Juni 2019.

“Terkait beredarnya isu yang berkembang dimasyarakat tidak benar adanya, kita optimis menuju SUMUT yang bermartabat dan dengan sistem online dan terbuka tidak ada ruang bagi pihak-pihak yang memanfaatkan situasi untuk meraup keuntungan,” ujarnya.

Memang, lanjut Ruslan, sampai saat ini masih banyak kendala di lapangan yang kami hadapi. “Misalnya, server yang memang belum maksimal dapat menampung proses pendaftaran, dikarenakan membludaknya siswa yang mengakses server kami. Namun begitupun kami sudah mensolusikan dengan pendaftaran secara manual sampai tanggal 25 juni 2019,” terang Ruslan.

Ruslan menjelaskan, bahwa persyaratan untuk mendaftar menjadi calon siswa yaitu,
1. Berusia paling tinggi 21 tahun pada awal tahun pelajaran baru, siswa SMP/sederajat tamatan tahun 2016/2017, 2017/2018, dan 2018/ 2019.
2. Menyerahkan foto copy dan/atau soft copy Ijazah yang dilegalisasi dan SKHUN atau bentuk lain yang sederajat SMP/MTs, paket B asli yang diterbitkan sekolah/madrasah.
2. Bagi lulusan tahun pelajaran sebelumnya menyerahkan foto copy dan/atau soft copy Ijazah yang dilegalisasi dan SKHUN atau bentuk lain yang sederajat SMP/MTs, paket B asli; Foto copy dan/atau soft copy akte kelahiran dengan menunjukkan aslinya; Foto copy dan/atau soft copy.
3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua/wali dan Foto copy Kartu Keluarga (KK) orang tua yang diterbitkan paling lambat 6 bulan atau kartu keluarga wali paling lambat 1 tahun sebelum pelaksanaan PPDB dengan menunjukkan aslinya.
4. Khusus calon peserta didik yang mendafatar Jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu menyerahkan Foto copy dan/atau soft copy Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari Dinas Pendidikan atau Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dari Dinas Sosial, atau Surat Keterangan dari Wali Program Keluarga harapan (PKH) dengan menunjukkan aslinya.
5. Khusus Calon Peserta didik yang mengikuti TESTING wajib memiliki nilai Ujian Nasional minimal rata-rata 70.

“Untuk lebih jelasnya bisa di buka melalui website resmi PPDB Sumut,” pungkas Ruslan. (Indra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.