UNBK Paket B PKBM Cerdas Sejahtera Berjalan Kondusif

0
42

INDRAMAYU, radar-x.net – Warga binaan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Cerdas Sejahtera mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) paket B tahun ajaran 2018-2019, bertempat di SMK 1 Sukra Kecamatan Sukra kabupaten Indramayu Jawa barat.

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2018 – 2019, bagi yang mengikuti kejar paket B setara SMP di Lembaga Pendidikan Non Formal (LPNF) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cerdas Sejahtera tersebut berjalan kondusif.

Saripin Mulyadi, S.Pdi, selaku Kepala Sekolah PKBM Cerdas Sejahtera mengatakan, bahwa pelaksanaan UNBK kejar paket B tahun pelajaran 2018 – 2019 yang tercatat di dapodik 59 peserta, yang hadir 54 peserta didik dan yang tidak hadir 5 peserta didik.

” Materi UNBK yang diikuti para peserta didik terdiri 6 mata pelajaran (mapel), diantaranya mata pelajaran Pancasila dan Kewarga Negaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam,” terangnya.

Selain itu, lanjut Saripin, Sebelum pelaksanaan UNBK, (LPNF) PKBM Cerdas Sejahtera, para peserta didik telah mengikuti pembelajaran selama 3 tahun yang sudah diagendakan dalam setiap minggu 3 Kali, sebelum mengikuti UNBK, para peserta telah mengikuti simulasi Komputer Off Line dan Online.

” Sedangkan untuk pemantapan pihak PKBM juga melaksanakan 1 kali gladi bersih,” katanya, ketika ditemui Wartawan radar-x.net, disela-sela kesibukannya saat pelaksanaan UNBK, Sabtu (11/05/19).

Menurutnya, untuk pengawasan terhadap para peserta didik yang mengerjakan soal ujian berbasis komputer, dilibatkan 2 orang pengawas, Sedangkan bagi siswa yang kejar paket C di PKBM Cerdas Sejahtera dalam pelaksanaan ujiannya sudah selesai dilaksanakan pada bulan lalu.

“Para peserta didik yang mengerjakan UNBK agar berjalan mulus, pihak PKBM Cerdas Sejahtera telah menyediakan komputer yang dimilki SMK 1 Sukra, kegiatan UNBK dilaksanakan selama 3 hari, dan perharinya 2 mapel. Alhamdullih pelaksanaan UNBK hari ini berjalan lancar,” ungkapnya.

Salah satu peserta UNBK mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan UNBK dia sudah mempersiakan diri untuk menghadapinya, karena sebelumnya dari pihak PKBM Cerdas Sejahtera tempat ia belajar sudah banyak memberikan bimbingan bagaimana proses atau mekanisme UNBK itu sendiri.

“Alhamdulillah, untuk UNBK saya tidak terlalu kesulitan, karena sebelumnya dari pihak PKBM Cerdas Sejahtera sudah banyak memberikan tata cara dalam mengoprasikan Komputer, melalui simulasi Off line sehingga pada pelaksanaan UNBK tidak terlalu banyak mendapatkan kesulitan,” ungkapnya. (Nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.