Pemdes Patrol Gelar Pemilihan BPD Periode 2019 – 2025

0
18

INDRAMAYU, radar-x.net – Badan Permusyawaratan Desa (BPD), merupakan Lembaga dari, Oleh dan untuk masyarakat Desa. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam undang-undang nomer 32 tahun 2004 tentang pemerintahan Daerah pasal 209 yang menyebutakan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang berfungsi menetapkan peraturan Desa bersama Kepala Desa (Kuwu) guna menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Dengan habisnya masa jabatan BPD periode 2013 – 2019, Desa Patrol kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Desa Patrol, pada Sabtu (18/05/2019) gelar pemilihan Pengisian keanggotaan BPD Periode tahun 2019 – 2025 yang dilaksanakan di 3 blok diantaranya Blok Tiben, Blok Bunder dan Blok Welini.

Kepala (Kuwu) Desa Patrol, Karnali, SE, disela-sela acara Pemilihan BPD di wilayah Pemilihan (Wilpil) blok Tiben yang dilaksanakan di Perumahan BTN Pratama Rt 04/03 yang diketuai Panitia Pemilihan BPD, H. Patoni, S.Pd mengatakan, bahwa BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, BPD dapat dianggap sebagai Parlemennya di Desa, BPD merupakan lembaga di Desa pada Era otonomi Daerah di Indonesia, sesuai dengan fungsinya, maka BPD ini dapat dikatakan sebagai lembaga kemasyarakatan.

” Calon keanggotaan BPD adalah keterwakilan Warga dari 3 Blok yang ada di Desa Patrol, yang dipilih oleh masyarakat dengan sistem pemungutan suara (Demokrasi),” ujarnya.

Karnali menjelaskan, masa jabatan Anggota BPD adalah 6 tahun, Penetapan anggota BPD akan diputuskan melalui keputusan Bupati Indramayu dan sebelum memangku jabatan BPD. Para Anggota BPD yang sudah terpilih akan diambil sumpah dan janji jabatan sebagai anggota BPD dihadapan masyarakat saat dilantik, dan Ketua BPD akan dipilih dari dan oleh anggota BPD secara langsung dalam rapat BPD yang diadakan secara khusus.

” Dengan dilaksanakannya Pemilihan pengisian keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Periode 2019 – 2025 yang baru ini, dan Pemerintahan Desa di Jabat saya sebagi Kuwu, saya berharap anggota BPD yang baru, dapat mewujudkan Demokrasi Desa yang dinamis dan harmonis, guna mempertegas pembangunan Desa yang partisipatif dan humanis.” Paparnya. (Nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.