Tambak Udang Fename Diduga Kuat Tidak Kantongi Ijin Alias Bodong

0
55

PADANG PARIAMAN, radar-x.net – Tambak udang yang terbentang dipesisiran pantai Padang Pariaman tepatnya di Kanagarian Gosong sampai Gasan diduga kuat tidak mempunyai ijin alias kosong melompong.

Dari pantauan dan informasi yang didapat, sekitar 14 tambak yang sudah beroperasi sampai sekarang dan bertambah satu lagi yang akan beroperasi dan itu semua sudah jelas melanggar perda yang berlaku.

” Tidak satupun tambak udang yang mengurus ijinnya dan kami dari dinas perikanan sudah memanggil pihak pengusaha untuk sosialisasi, namun tidak semua pengusaha yang datang,” ucap kabid bina usaha dari dinas perikanan. Kamis (4/4/19)

Menurut kabid bina usaha yang akrab dipanggil “Teteh”, pengusaha tambak udang itu harus mempunyai aturan dan regulasi ijin kesesuaian lahan mereka, semua ijin tersebut diurus ke perijinan terpadu dan juga harus ada rekomendasi dari dinas PUPR bidang tata ruang dan mereka pun harus mengurus ijin lingkungan dan SIUP Surat Ijin Usaha Perikanan).

Sementara, Kepala dinas perikanan juga menegaskan, ” pihaknya sudah berusaha untuk memberikan sosialisasi tentang pentingnya kelengkapan ijin tambak tersebut dan pengembangan budi daya udang.

” Kami pun harus mentaati aturan yang tertuang di permen No 49 tahun 2014, kalo ada investor yang ingin kerjasama dalam masalah teknis kami akan bantu tapi pengusa tersebut sudah punya tenaga ahli,” terangnya.

Dihari yang berbeda PLT dinas perijinan terpadu Epno saat dikonfirmasi awak media mengatakan, ada sebagian pengusaha yang mengajukan ijin tapi hanya sekedar mengajukan, sampai saat ini tidak ada lagi yang datang untuk mengurus kelanjutan ijin mereka.

” Sudah sangat jelas sekali pengusaha tambak memang tidak mau untuk mengurus ijin usahanya, disini kita meminta ketegasan dari pemerintah daerah setempat untuk menindak lanjuti secara tegas bagi pengusaha yang mengangkangi aturan yang berlaku,” tandas Epno.(Eno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.