Peningkatan Jalan Poros Desa Langgam Tambak Terkesan Asal Jadi

0
28

PELALAWAN, radar-x.net – Peningkatan jalan poros dari kecamatan Langgam menuju desa Tambak yang memakan anggaran sampai miliaran rupiah terkesan asal jadi.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Cabang Komunitas Pemantau Korupsi Nusantata (KPK N) Kabupaten Pelalawan Suswanto S.Sos., dikantornya Rabu (24/04/2019), dalam paparannya kepada awak media radar-x.net mengatakan, guna meningktakan Mutu jalan, Pemerintah Kabupaten Pelalawan Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, berupaya melakukan peningkatan jalan Poros Desa Tambak Sepanjang 1 km dan jalan Langgam Tambak (rekon + aspan) 1,5 Km dengan pagu anggaran Rp 6,6 Milyar. Pada pelaksanaannya lelang di menangkan oleh PT Hadolis Ambo dengan nilai kontrak Rp.5,703,214,142.

Suswanto juga menyampaikan berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan, pihaknya menduga dalam pelaksanaan pekerjaan dilapangan, pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan spek yang ada. Hal ini dapat terlihat dari rendahnya mutu kualitas kegiatan, karna baru beberapa tahun saja pekerjaan tersebut dikerjakan sudah terlihat kerusakan yang sangat cukup parah.

” Menurut analisa kami, kami menduga dalam pekerjaan tersebut banyak terjadi penyimpangan yang mengarah kepada tindak pidana korupsi, dengan cara, 1. Melakukan mark-up anggaran, yang mana anggaran tersebut tidak sesuai dengan mutu dan realisasi kegiatan di lapangan. 2. Telah mengangkangi kesepakatan yang dibuat dalam kontrak kerja, yang seharusnya pekerjaan tersebut di lakukan sesuai dengan kesepakatan dan mengikuti spek kerja yang ada. 3. Melakukan manipulasi data, yang mana dalam realisasinya pekerjan tersebut tidak selayaknya untuk di serah terimakan. Akan tetapi hal itu dilakukan oleh dinas PUPR Pelalawan.

” Maka dari itu kami Pengurus LSM KPK Nusantara akan terus minindak lanjuti permasalahan ini, agar permasalahan ini di proses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegas Suswanto.

Sementara, Kepala Dinas PUPR saat dikonfirmasi melalui stafnya Melanton Lumbangaol menjelaskan, bahwa permasalahan tersebut sudah di proses di Polda Riau, dan mereka sudah menurunkan ahlinya kesana.

” Rusaknya jalan Poros Langgam tambak karna disebabkan PT Kalila sedang melakukan pengeboran disana dan alat berat mereka lalau lalang dari jalan tersbut, tetapi PT Kalila sudah siap untuk memperbaikai jalan tersebut, dan suratnya sudah kami pegang,” ungkap Melanton. (Pranseda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.