Pemerintah Kecamatan Wringin Memberikan Trobosan Baru Proses Penetapan APBDesa 2019

0
50

BONDOWOSO, radar-x.net – Inovasi Kecamatan Mengawal Desa
Kondisi saat ini, desa dalam poses penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDesa) tahun anggaran 2019, sehingga kegiatan desa yang akan di laksanakan terarah dengan baik.

Dalam proses penetapan APBDesa 2019 Kecamatan Wringin memberikan terobosan baru untuk membina desa. Semua desa di panggil ke kecamatan untuk mempresentasikan draf APBDesa dan di kaji bersama sehingga, Saat penetapan atau pelaksanaannya kegiatan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Program kajian APBDesa ini, adalah bentuk pembinaan dari kecamatan, yang akan menciptkan desa yang transparan dalam penggunaan anggaran yang di terima desa,” ujar Shadik, selaku Kepala Kecamatan Wringin.

Shadik menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah pintu awal dalam melakukan pembinaan desa terutama dalam hal perencanaan. Karena itu, pihaknya rasa jika dalam perencaan berjalan dengan baik maka desa akan lebih maksimal dan berjalan dengan baik.

“Desa akan berjalan dengan baik, jika perencaan nya berjalan dengan baik maka secara otomatis desa akan tidak ada problem di kemudian hari,” tambahnya.

Dijelaskan oleh Diaz, selaku Kasi Pemerintahan di Kecamatan Wringin, bahwa pihaknya melaksanakan kajian APBDesa langsung di saksikan langsung oleh BPD nya. Dengan begitu kegiatan di desa akan langsung di ketahui oleh BPD nya dengan begitu, akan turut mengawal kegiatan desa. Pemaparan APBDesa ini di kaji setiap kegiatan sesuai tidaknya dengan Perbup pengelolaan keuangan Kabupaten Bondowoso, sehingga tidak ada lagi desa yang melakukan perubahan APBDesa di tengah jalan.

“Kegiatan ini, tentu mengacu pada UU Desa yang mana desa harus transparan, akuntabel dalam pengelolaan keuangan sehingga dana desa penyalurannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tepat penggunaannya,” tegasnya.

Sementara, Mas’ud Ubaidillah selaku pendamping desa menyampaikan, kegiatan ini adalah pertama kali di lakukan di Kabupaten Bondowoso khususnya. Inovasi seperti ini, perlu kiranya di lakukan oleh desa-desa agar kegiatan desa terencana dengan baik.

“Perencanaan mapan akan melahirkan desa yang baik dan tentunya akan meningkatkan desa lebih maju dan mandiri, sehingga menciptakan masyarakat makmur,” pungkasnya. (Abas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.