Dede: Jadilah Wirausahawan Yang Kreatif, Berjejaring dan Tangguh

0
60

BANDUNG, radar-x.net – Ketangguhan soko guru pereknomian nasional sangat dipengaruhi oleh ketangguhan perekonomian daerah, ketangguhan perekonomian daerah tergantung pada ketangguhan para wirausahawan di daerahnya masing-masing.

Sehubungan dengan hal itu, pada Senin (11/2) bertempat di Hotel Ahadiat, Dinak Koperasi dan UMKM Kota Bandung menyelenggarakan pelatihan “Desain Kemasan Produk bagi UMKM”. Kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen Pemerintah Kota Bandung dalam meningkatkan ketangguhan para wirausahawan kota Bandung agar lebih maju lagi.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, dan disambut antusias oleh seluruh peserta pelatihan.

Untuk mengetahui lebih jauh kegiatan tersebut, media mewawancarai salah satu Narasumber dan Motivator Nasional Dede Farhan Aulawi. Dede menjelaskan bahwa, kehadirannya pada kegiatan tersebut untuk memenuhi undangan dari Kepala UPT Balatkop Herna Hendriana yang sudah dikenalnya sejak lama sebagai sosok pekerja keras yang tulus dalam memajukan koperasi dan UMKM di Kota Bandung.

Menurutnya, Kota Bandung membutuhkan sosok-sosok pejabat yang ikhals dan sungguh-sungguh dalam bekerja seperti sosok Herna Hendriana ini.

Menghadapi perubahan lingkungan strategis bisnis yang mengalami banyak perubahan, Dede meminta kepada seluruh peserta untuk menjadi wirausahawan yang kreatif, berjejaring dan tangguh. Perkembangan tehnologi sesuatu yang tidak bisa dinafikan, dan faktanya sudah berpengaruh banyak dalam sendi-sendi perekonomian, termasuk lingkungan bisnis. Termasuk harus memahami apa yang disebut dengan Customer Behaviour, yaitu perilaku konsumen agar produk yang dihasilkan bisa diterima oleh pasar secara meluas.

Kreatifitas juga telah menjadi kata kunci agar apa yang dilihat dan didengar menjadi subjek-subjek potensial yang memiliki nilai ekonomi. Gali kreatifitas tanpa batas karena akan membuka abnyak peluang yang sebelumnya dinilai biasa menjadi luar biasa. Jangan menjadi manusia seperti kebanyakan orang, tetapi jadilah manusia-manusia yang super kreatif seperti dilakukan oleh sebagian orang yang berhasil.

Di samping itu, Dede juga menekankan pentingnya jejaring atau network, agar satu sama lain bisa saling menunjang dan mendukung agar lebih sukses lagi. “Mari berfikri dan berusaha untuk meraih sukses bersama. Satu produk dengan produk lainnya menjadi kekayaan khazanah variatif produk. Satu wirausahawan dengan wirausahawan lainnya harus saling mendukung juga. Bahkan saat ini dunia semakin terbuka secara lebih luas, maka disamping berorientasi lokal, mulailah melakukan penjajakan untuk menembus pasar internasional,” ungkap Dede.

Terakhir Dede mengingatkan perlunya membangun karakter wirausahawan yang tangguh, yaitu wirausahawan yang tak mudah putus asa. Kalaupun pernah mengalami kegagalan atau kerugian jangan lantas berhenti dan mengeluh, tetapi harus menjadi cambuk dan pelajaran bagaimana agar berusaha untuk tidak gagal dan rugi kembali.

“Jadikanlah bulir-bulir air mata kegagagal, menjadi rangkaian mutiara indah yang gagah dipakai sebagai mehkota keberhasilan. Ingat tidak ada yang sukses tiba-tiba, karena semua melalui rangkaian anak tangga kepedihan, suka dan duka.” Pungkas Dede, yang juga merupakan seorang penyair Kontemporer Indonesia. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.