Bupati Indramayu Hadiri Pesta Panen “Mapag Sri” Di Desa Sukaslamet

0
119

INDRAMAYU, radar-x.net – Ribuan warga dan Pelajar, tumpah ruah di sepanjang jalan Desa Sukaslamet, Kecamatan Kroya, Kabupate Indramayu, Sabtu (2/3). Pasalnya, mereka begitu gembira dan sukacita menantikan kedatangan Bupati Indramayu, Drs H. Supendi, M.Si, ke desa tersebut, dalam rangka menghadiri acara adat Mapag Sri (Pesta Panen, red), yang diselenggarakan Pemdes Sukaslamet.

Tahun ini, Pemdes Sukaslamet menggelar pesta panen (Mapag Sri), dengan hiburan Sandiwara Perunggu Kembar, serta beraneka makanan tumpeng yang disediakan warga.

Selain Bupati H. Supendi, dalam acara tersebut turut hadir, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian, H. Takhmid, Camat Kroya, Haryono, Msi, Kapolsek Kroya, Perwakilan Koramil, Kuwu Desa Sukaslamet, Surnata, SE, UPT/B, TP PKK Desa/Kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta tamu undangan lainnya.

Baca juga: Bupati resmikan kampung durian

Bupati H. Supendi, dalam sambutannya mengatakan. Desa Sukaslamet, meskipun sebuah desa yang terletak masuk kepedalaman, tapi dalam sektor bidang pertanian, nyatanya telah berhasil memanen hasil sawahnya dengan berlimpah ruah.

” Ketika memasuki wilayah Kecamatan Kroya, saya merasa senang sekali, karena hamparan sawah disepanjang jalan yang saya lewati, terlihat sangat bagus padinya. Ini membuktikan, kalau di Wilayah Kecamatan Kroya, Desa Sukaslamet khususnya, petaninya pintar dan pandai dalam bercocok tanam padi, kendati minimnya masalah pengairan untuk areal persawahan,” ucap H. Supendi.

Dikatakannya, Desa Sukaslamet yang masuk dalam kategori wilayah non tekhnis, ternyata lebih bagus dari wilayah tekhnis dari segi bercocok tanamnya.

” Suplay air dari bendungan cilalanang, efeknya hanya mampu mengairi areal persawahan diluar Desa Sukaslamet, meski begitu, sebagai wilayah non tekhnis, Desa Sukaslamet telah berhasil dalam panen padi yang berlimpah. Kami berharap, ada pembangunan lagi bendungan diwilayah tengah, sebagai solusi untuk perairan Areal persawahan Desa Sukaslamet ini ” Jelasnya.

Selain itu, kata Supendi, Desa Sukaslamet dan Sukahaji Kecamatan Kroya, dicalonkan sebagai Ibu kota Kabupaten Indramayu Barat (Inbar), sehingga dengan demikian, kata Orang nomer satu di Indramayu itu, secara perlahan namun pasti, Desa Sukaslamet akan berubah menjadi wilayah perkotaan nantinya.

Sementara Camat Kroya, Hartono, Msi, mengungkapkan, meski sebagai daerah tadah hujan, Desa Sukaslamet, mampu menunjukan dirinya sebagai desa yang berhasil dalam bidang pertanian, serta optimis dalam Swasembada pangan.

Kuwu Desa Sukaslamet, Surnata, SE, menambahkan. Hasil panen di desanya dari tahun ketahun menunjukan hasil yang cukup bagus, meskipun petani mengalami kendala kekurangan air. Untuk itu, dirinya berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, melalui Dinas Pertanian, untuk membantu dalam penyaluran air bagi areal pesawahan di Desa Sukaslamet, dengan cara membendung kali Cilalanang, agar hasil bidang pertanian lebih maksimal lagi. (Mansur K)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.