Peran Great Spirit Terhadap Perkembangan Neuroscience Terapan

0
43

Peran Great Spirit Terhadap Perkembangan Neuroscience Terapan

Oleh : Dede Farhan Aulawi

Radar-x.net – Setiap manusia pada dasarnya memiliki reservoar alam bawah sadar yang luar biasa yang mampu melecutkan prestasi dan kemampuan super di atas orang rata – rata. Jika saja setiap anak bangsa menyadari hal ini, maka secara kolektivitas akan menghasilkan karya – karya luar biasa. Bukan sekedar untuk dirinya sendiri, melainkan juga mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa sebagai sebuah entitas yang memiliki peradaban luhur di tengah pesona zaman yang apatis dan egois.

Bagi sebagian masyarakat yang sudah menyadari hal ini, ia akan menguji dan melatih ketangguhan mental dan ketajaman spirit-nya agar mampu memberi stimulus atau rangsangan pada perkembangan otak sehingga semakin terlatih untuk mengurai dan menganalisis berbagai kerumitan algoritma kehidupan yang semakin komplleks. Semua dorongan kesadaran yang terbangun dari mentalitas yang positif akan semakin merangsang agar fungsi syaraf dalam otak terus bekerja untuk menjadi *Great Thingking* dan akhirnya melahirkan orang – orang super, mereka adalah *Great People* yang selalu menebarkan benih – benih harapan penuh optimisme dalam menatap indahnya masa depan.

Rangkaian penderitaan dan setumpuk kesulitan yang pernah dialami dalam hidupnya, tidak lantas ia harus menyerah pasrah dan kalah. Menerima getirnya kehidupan dengan isak tangis dan keluh kesah penuh kepiluan. Tapi justeru harus diolah sebagai sebuah realitas kehidupan yang harus dilalui dengan berani, sabar dan tangguh penuh keyakinan. Pada saat itulah syaraf – syaraf akan bekerja, saat itulah kecerdasan manusia akan diuji, dan saat itulah otak manusia akan semakin terlatih dan terasah.

Menarik sekali berbagai kajian bagaimana otak dan sistem syaraf merespon spirit dan mental seseorang yang mau berfikir. Semakin rumit dan kompleks suatu persoalan akan membuat otak semakin sehat dan cerdas jika mau berfikir untuk menyelesaikannya. Kecuali jika spirit dan mentalnya malas berfikir, maka otak dan sistem syarafnya tidak akan berfungsi dan terlatih secara optimal. Itulah sebabnya ilmu tentang Neuroscience semakin berkembang dan banyak diminati untuk dipelajari.

Neuroscience pada dasarnya merupakan sebuah ilmu yang mempelajari untuk mengungkap berbagai misteri otak. Dalam pengungkapannya tentu tidak akan cukup hanya dengan bermodalkan satu disiplin ilmu saja, melainkan memerlukan dukungan berbagai ilmu agar misteri bisa terkuak secara komprehensif. Meskipun tentu etafeta penemuan dan pengungkapan ini tidak akan langsung bertemu dengan tanda titik, melainkan tanda koma dan tanda koma lagi karena keterbatasan pengetahuan manusia akan karya Tuhan yang sangat vital dalam anatomi manusia ini.

Meski demikian, sekali lagi tidak boleh membuat kita lemah atau takut. Tetapi harus dijadikan tantangan agar lebih keras lagi berfikir untuk menguak tabir pengetahuan yang terbatas ini. Otak yang memiliki ukuran dalam volume dan berat yang terbatas, tetapi memiliki kekuatan dan kemampuan yang tidak terbatas. Tidak ada manusia yang bodoh, melainkan sekelompok manusia yang belum tahu bagaimana cara melatih dan memanfaatkan otaknya yang luar bisa tersebut.

Pompalah terus semangat untuk menguak setiap tabir ketidaktahuan. Kobarkan semangat dan kemauan untuk selalu berfikir. Jangan pernah lelah dan takut dengan kesulitan, karena kesulitan sesungguhnya adalah kesempatan yang mampu membuat kita semakin hebat dan kuat.

Air mata tidak akan pernah memberi jawaban, tetapi semangat untuk menggunakan otak secara sehat adalah solusi atas setiap permasalahan. Mungkin setiap manusia pernah memiliki sisi – sisi gelap yang pernah dilaluinya, tetapi itu jangan pernah membuat kita tertunduk tanpa harapan.

Indonesia sedang berkembang dan terus membangun. Indonesia membutuhkan anak – anak bangsa yang berani dan mau berfikir keras. Tampilah kita menjadi bagian dari generasi yang akan meneruskan estafeta pembangunan menuju kesejahteraan dan kemakmuran. Bukan hanya menunjuk hidung orang lain. Bukan hanya menggantungkan harapan pada orang lain, tetapi jadilah kita sebagai pembawa obor harapan dengan penuh keyakinan untuk mengukir masa depan bangsa yang cemerlang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.