Berjalan 10 Tahun, Peserta Jam’iyah Khotmil Qur’an Banyak Yang Hafal

0
91

SAMPANG, radar-x, net – Jam’iyah Khotmil Quran Indonesia merupakan kumpulan para hafidz al-Qur’an yang terjaring di masing-masing daerah di seluruh Indonesia. Jam’iyah ini didirikan lebih dari 10 tahun lamanya dan Jam’iyah ini didirikan bertujuan untuk membantu para hafidzul Qur’an untuk mengasah kembali hafalannya atau yang kita kenal dalam istilah pesantren dengan kegiatan taqrir.

Pasalnya, para Habib Al-Quran di seluruh Indonesia sangat menyambut baik dan bahagia Jam’iyah ini. Sebab mereka melalui Jam’iyah ini merasa sangat terbantukan dalam mengasah hafalannya.

Hasil pantauan awak media radar-x.net, Jam’iyah hotmail Quran Indonesia membentuk koordinator di masing-masing kabupaten di seluruh Indonesia, kemudian koordinator Kabupaten juga membentuk koordinator kecamatan yang ada di dalam naungannya. Masing-masing koordinator Kabupaten diberikan hak penuh kepada para koordinator kecamatan untuk mengelola dan memprogramkan kegiatan khotmil Quran tersebut.

Sampai saat ini, salah satu koordinator kabupaten yang paling aktif dan paling mendapatkan apresiasi yang tinggi dari ketua umum koordinator (ketua umum khotmil Quran Indonesia) yaitu Kabupaten Sampang, dan beberapa tahun yang lalu pada musyawarah akbar yang dihadiri oleh seluruh pengurus khotmil Quran se-Indonesia Kabupaten Sampang, dinobatkan sebagai Jam’iyah hotmail Quran terbaik di antara kabupaten yang lain.

” Peringkat ini diberikan bukan tanpa Alasan namun sudah melalui proses penilaian yang sangat akurat dan ketat. Salah satu kriteria yang paling mendasar adalah kontinuitas kegiatan qiro’ah dan tata administrasi baik keuangan maupun dokumen,” kata ustadz Saifuddin, salah satu pengurus tingkat kabupaten yang paling aktif.

Sementara, karena kabupaten Sampang sebagai Kabupaten terbaik, Jam’iyah hotmail Quran Kabupaten Sampang mampu membawa nama baik provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, ketua umum Jamiyah khotmil Qur’an Indonesia KH. Kholil As’ad Situbondo mengangkat koordinator Kabupaten Sampang Ustad Saifudin sekaligus juga menjabat sebagai koordinator Provinsi Jawa Timur.

” Kabupaten Sampang menjadwalkan pelaksanaan kegiatan ini setiap Sabtu Legi, dan Alhamdulillah kegiatan yang dilaksanakan sesuai jadwal sudah berjalan sampai ke 69 kalinya, dan itu secara terus menerus, karena hal ini tidak mudah, membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang sangat besar dari Para pengurus tingkat kabupaten dan Kecamatan baik dari sisi materi ataupun moral dan mental,” jelas Saifuddin.

Menurut Mansur, salah satu warga desa klobur menjelaskan, bahwa kegiatan ni dilaksanakan secara bebas di musholla dan rumah yang ingin mengundang Hafidz Qur’an untuk khataman qur’an di rumahnya masing-masing.

” Acara yang sederhana ini sangat di sambut positif dan bahagia oleh masyarakat sekitar, terbukti dari semangatnya dan banyaknya masyarakat di sekitar Kecamatan Sreseh yang mendaftarkan diri untuk mengundang para Hafidz Qur’an untuk hataman dirumahnya. Selain itu, keuntungan lainnya setiap rumah bisa sekaligus menggabungkan acara khotmil qur’an ini dengan acara hajatan atau selamatan yang diinginkan oleh tuan rumah,” jelasnya. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.