Tembok Jaringan Irigasi Cicalung Ambrol, Diduga Pemborong Kerjakan Proyek Asal-asalan

0
94
Gambar : Tembok Jaringan Irigasi Cicalung Desa Karyamekar Bogor.

BOGOR, radar-x.net – Tembok bangunan jaringan irigasi Cicalung Desa Karyamekar Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor Jawa Barat ambrol, diduga CV. Dwiguna Karya sebagai kontraktor asal-asalan dalam pengerjaan proyek tersebut, padahal baru beberapa hari kontrak pekerjaan selesai pada Senin (10/12/2018), tetapi faktanya sebagian tembok irigasi ambrol karena tidak kuat menahan derasnya air hujan. Rabu (12/12/2018)

Proyek Rehabilitasi Fungsi Jaringan Irigasi Cicalung dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2018 ini memang terdapat beberapa kejanggalan, sebagaimana hasil pantauan Tim Investigasi LSM KPK Nusantara Korwil DPC Jawa Barat, terungkap ada beberapa item yang tidak dikerjakan oleh CV. Dwiguna Karya tersebut, sebagaimana tertera dalam gambar teknis rehabilitasi fungsi jaringan irigasi Cicalung Desa Karyamekar Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Gambar : Papan Proyek Jaringan Irigasi Cicalung Bogor.

“Kita sudah turunkan tim investigasi untuk memantau pekerjaan proyek Rehabilitasi Fungsi Jaringan Irigasi Cicalung, dan nampak bahwa proyek tersebut dikerjakan asal-asalan, diantaranya terdapat lubang bekas galian tanah yang ada di sisi tembok jaringan irigasi tersebut sedalam kurang lebih 2 meter dan panjang 4 meter tidak diurug tanah. Akibatnya pada saat hujan lebat tembok irigasi ambrol, disamping ditemukan ada beberapa item yang tidak dikerjakan oleh kontraktor”, kata Siti Arofah Ketua Korwil DPC LSM KPK Nusantara Jawa Barat pada media radar-x.net.

Kepala Desa Karyamekar, saat diwawancarai awak media radar-x mengatakan, bahwa ambrolnya tembok jaringan irigasi tersebut karena kualitas pekerjaan rendah, sehingga tembok irigasi ambrol karena tidak kuat menahan derasnya air hujan.

“Saya sudah ingatkan pada pimpinan CV. Dwiguna Karya agar kualitas bangunan irigasi tersebut bagus, tapi kenyataanya tembok jaringan irigasi ambrol berarti kualitanya rendah, sampai saat ini belum diperbaiki dan belum ada koordinasi ke kantor desa dari pemborong,” kata Jaji Kades Karyamekar.

Gambar : Bangunan Jaringan Irigasi Cicalung sebelum ambrol.

Akibat ambrolnya tembok jaringan irigasi Cicalung maka saluran air irigasi tersebut tersendat, sehingga tidak berfungsii dengan maksimal.
Menurut informasi dari Korwil DPC LSM KPK Nusanatara Jawa Barat, bahwa masalah ambrolnya tembok jaringan irigasi Cicalung tersebut akan dilaporkan ke Inspektorat Kabupaten Bogor dan Kepala Dinas PU & PR Kabupaten Bogor sebagai pihak yang bertanggungjawab.

Sementara, Masyarakat Desa Karyamekar berharap tembok jaringian irigasi Cicalung segera diperbaiki oleh pihak yang terkait dan apabila terjadi pelanggaran agar diproses sesuai aturan yang berlaku.
(OSK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.