Hari Anti Korupsi Internasional Bakal Dihadiahi Mimbar Rakyat Aktivis Sumut

0
37

MEDAN, radar-x.net – Hari Anti Korupsi Internasional Tahun 2018 kali ini dijadikan reoni akbar para seluruh aktivis dan penggiat anti korupsi yang ada di Provinsi Sumatera. Pasalnya, Hari Anti Korupsi Internasional yang biasanya di peringati pada setiap tanggal 9 Desember untuk mendorong komitmen semua pihak dalam mencegah dan memberantas korupsi.

Dikatakannya, bahwa peran serta masyakarat serta khalayak publik juga menjadi pilar penting dalam mencegah dan memberantas peraktek korupsi yang kian massif serta menggerogoti berbagai lapisan kebijakan.

“Untuk itu kami berkumpul dalam rangkaian kegiatan Mimbar Rakyat Anti Korupsi Sumut (Marak Sumut) yang akan di gelar pada Selasa, 11/12/2018 dengan titik kumpul di DPRD Sumut, lalu di lanjutkan dengan longmarch ke Kantor Gubernur Sumut,” kata Indra Mingka dari Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (LKLH), Jumat (7/12/2018) melalui telepon selulernya ketika dikonfirmasi oleh radar-x.

Indra menambahkan, bahwa sampai hari ini sudah sekitar 50 lembaga dan komunitas yang menyatakan siap menghadiri acara tersebut.

Sementara itu, Saharuddin Koordinator Gerbrak (Gerakan Rakyat Berantas Korupsi) selaku salah satu inisiator kegiatan aksi 11 Desember 2018 menjelaskan bahwa, aktivis, LSM, komunitas yang ikut terlibat dalam gelaran ini adalah penggiat sosial yang selama ini fokus terhadap berbagai macam masalah rakyat dan kebijakan publik baik di Sumut maupun di luar Sumut.

Dijelaskannya, “Bersama Melawan Korupsi” menjadi tema besar kegiatan Mimbar Rakyat Anti Korupsi (MARAK). Acara itu nantinya akan diisi dengan atraksi kebudayaan, kesenian, tausiyah, orasi anti korupsi dan pengaduan sejumlah kasus yang ditemukan maupun ditandai masih ngadat pada proses penegakan hukum yang dinilai tidak transparan.

“Aksi ini adalah aksi moral, kita tidak membatasi keikutsertaan pihak-pihak yang akan bergabung, yang penting bersama menjaga ketertiban dan keamanan, tidak anarkis serta tidak menyebarkan hoax dan ujaran kebencian. Mari kita lawan perkatik korupsi dengan cara bermartabat,” ungkap Saharuddin.

Selain Gerbrak, tambah Saharuddin, LKLH, KPK Nusantara DPD Sumatera Utara, DPD LSM PERKARA LABURA, AWP2J Tabagsel, M3D Serdang, GEMA-LABURA, DPP LPPKI, DPP MPBI, IKAPAMAPAH, LRR INDONESIA SIMALUNGUN, MARGASU, PKN dan masih banyak lagi yang belum tergabung, jika ditaksirkan kurang lebih dari 159 orang bahkan lebih.

“Dan yang tak kalah penting dari Hari Anti Korupsi Internasional tersebut bakal dihadiri Sekretaris Jenderal KPK (Komunitas Pemantau Korupsi) Nusantara DPD Provinsi Riau, Mulya Koto. Ya! Mulya Koto adalah putra kelahiran Sumatera Utara asli yang hijrah ke Pekanbaru Riau yang tergabung dan mendirikan DPD KPK Nusantara. Sepak terjangnya tidak diragukan lagi, mulai dari Kejaksaan Tinggi, Kepolisian, BPK RI yang ada di Riau sudah dirangkulnya serta memperkenalkan keberadaan KPK Nusantara tersebut,” terang Saharuddin

Ketika dikonfirmasi kebenarannya, turun atau tidak di aksi 11/12/2018 tersebut melalui dari telepon selulernya Mulya mengatakan, “Insya Allah saya akan ikut, sebab saat ini saya sedang dirawat dirumah Sakit Umum di Kota Medan,” ujar Mulya.

Mulya Koto menjelaskan dirinya tidak lagi kembali ke Riau, dan akan membesarkan KPK Nusantara di Sumatera Utara ini, sebab dirinya putra asli kelahiran Kota Matsum IV, Kecamatan Medan Area.

” Saya pulang ke Medan, sebab saya sangat ingin melihat langsung Kinerja Sang Idola saya, Gubernur Sumatera Utara yaitu Bapak Letjend Purn TNI Edy Ramayadi. Sebab saat pemilihan Gubernur Sumut kemarin saya Turun dari Riau hanya untuk mencoblos dirinya dan Wakil nya Bapak Musa,” ungkap Mulya.

“Semoga aksi damai yang dilakukan rekan-rekan Aktivis dan Penggiat Anti Korupsi nantinya dapat di sambut baik oleh Pemerintah Daerah. Karena kami menyampaikan aspirasi rakyat juga diatur dan dilindungi Undang-undang,” pungkas Mulya Koto. (Mk/Tim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.