Pawai Tumpeng Meriahkan Acara Maulid Nabi di Masjid Baitul Amin

0
214

BONDOWOSO, radar-x.net – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, masyarakat muslim akan merayakan acara tersebut. Kata ‘Maulid’ berasal dari bahasa Arab ‘milad’ yang berarti ‘hari lahir’.

Dalam tanggal Hijriyah
(tanggalan umat muslim), hari lahir Nabi Muhammad SAW, jatuh pada tanggal 12 Rabi’ul Awal. Moment ini diperingati dengan beragam perayaan sesuai tradisi daerah masing-masing yang ada di Indonesia.

Memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, yang sudah menjadi kewajiban seluruh umat Islam dari Sabang sampai Merauke.
Kali ini Remaja Masjid (Remas) Baitul Amin desa Maskuning Kulon. Kec Pujer, Kabupaten Bondowoso, menggelar acara maulid Nabi Muhammad SAW, di meriahkan dengan bermacam-macam Kegiatan. Selasa (20/11/2018) malam.

Pawai Tumpeng (Ancak), yang di gelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, diikuti oleh Masyarakat Maskuning Kulon dan Maskuning Wetan, kegiatan ini juga diikuti oleh pelajar SMPN 01 Pujer Bondowoso, dan juga Madrasah yang ada di Maskuning Kulon, di Masjid Jami’ Baitul Amin Pujer Bondowoso, dimana kegiatan tersebut juga bersinergi dengan HR Nusantara dan Alumni MAN Bondowoso.

Harsono mengatakan, bahwasanya acara Maulid Nabi Muhammad SAW, sudah di rencanakan tiga bulan sebelumnya bersama Remaja Masjid (remas), Baitul Amin pujer, karena, sebelumnya Alumni MAN Bondowoso, juga mengadakan kegiatan anjangsana. ” Maka dari itu kami akan mengadakan kegiatan rutin tahunan untuk ajang silahturahi, kegiatan ini kita memang rencanakan agar tidak sama dengan alumni-alumni lainya,” ungkap Harsono, selaku alumni MAN Bondowoso.

Di Tempat yang sama salah satu panitia dan juga Anggota DPRD Bondowoso, Abdul Majid S.Pd, menyampaikan, bahwa pihaknya sudah mengagendakan acara hari-hari besar Islam Maulid Nabi Muhammad SAW, yang di kemas malam ini yang berhubungan dengan masyarakat dan juga acara tahunan seperti halnya, Isro’ mi’raj, Nuzulul Qur’ An.

” Kita sepakati setahun sekali, karena kita ingin menggirohkan semangat Islam,” kata Abdul Majid.

Sementara, Lilik Ernawati, selaku guru di SMPN 01 Pujer Bondowoso yang mendampingi siswi menari lampion yang di ikuti oleh 20 siswi itu berharap, kedepannya murid SMPN 01 Pujer Bondowoso bisa bertambah untuk mengikuti kegiatan tari lampion tersebut.

Pantuan awak media radar-x di lokasi, acara Maulid Nabi Muhammad SAW, masyarakat sangat antituas untuk memeriahkan acara tersebut, dengan tema “pawai obor, pawai tumpeng dan drumband”, yang diikuti oleh masyarakat Maskuning Kulon dan Murid SMPN 01 Pujer Bondowoso. (Gus/Zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.