FKUB Bondowoso: Tegaskan Umat Beragama Bumikan Toleransi

0
256

BONDOWOSO, radar-x.net – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bondowoso gelar sosialisasi peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (PBM2) nomor 8 dan 9 tahun 2006 yang dikemas dengan tema ” Membumikan Toleransi dan Kerukunan Umat Beragama Dalam Bingkai NKRI ” yang dihadiri para tokoh Agama di di Aula SDN 1 Maesan, Minggu (11/11/2018).

Ketua FKUB Bondowoso yang diwakili oleh wakil FKUB KH. Mas’ud Ali, mengatakan bahwa hidup berbangsa dan bernegara harus mengedepankan yang namanya toleransi antar ummat beragama. ” Karena Undang-undang Dasar itu melindungi semua,” ucapnya saat membuka acara Sosialisasi.

Hal itu perlu disosialisasikan, karena menurutnya masyarakat Indonesia itu heterogen seperti suku, ras, adat, budaya dan Agama.

Menurutnya, forum ini adalah lembaga yang strategis sebagai stakeholder antar umat dan pemerintah, dimana umat merupakan bagian dari masyarakat yang punya latar belakang agama yang berbeda.

” Pemahaman harus terus menerus diberikan dalam konteks sosialisasi silaturahim sehingga semakin hari pemahaman itu semakin melekat,” katanya.

Hidup beragama, tambah Mas’ud, mempunyai rasa tanggung jawab terhadap integritas agamanya masing-masing menurut keyakinannya. Ia juga menghimbau kepada semua elemen masyarakat dari berbagai aspek agar terus menyampaikan hal positif untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Mengingat kondisi pada saat ini yang cukup rawan sekali terjadi konflik sosial, hal ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa NKRI ini sudah mulai terkikis. Dengan begitu, ini merupakan kewajiban bersama untuk menjaga keragaman hidup berbangsa dan bernegara dengan berpedoman kepada UUD 1945 yang melindungi sesama tidak memandang Agama, Ras, Adat, dan Budaya,” pungkas Mas’ud. (Abas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.