Sekolah Desa, Ujung Tombak Menuju Desa Mandiri

0
331

BONDOWOSO, radar-x.net – Pemerintah Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso bersama puluhan Pendamping Desa, menggelar Sekolah Desa di Pendopo Kecamatan Wringin, Rabu. 03/10/2018.

Giat hadir dalam acara tersrbut, Camat Wringin, Moh. Shadik, para Kepala Desa serta Kaur Desa dan Puluhan Pendampin Desa.

Dikatakannya, bahwa hal ini untuk meningkatkan kemandirian Desa dalam hal Desain, Kontruksi dan Penyusunan RAB. Karena ini merupakan hal yang sangat urgen di Desa.

” Dengan begitu, kami inisiatif membuka sekolah Desa bersama para Pendamping Desa, puluhan Kepala Desa dan kaur Desa. Dengan harapan terciptanya Desa mandiri dan mampu mencetak kader Desa yang kopeten dalam hal Desain, Kontruksi dan Penyusunan RAB. Sehingga, kebutuhan Desa tekait hal ini bisa teratasi, selama ini kerap sekali menjadi kendala saat penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APDEsa),” ujar Shadik, Selaku Kepala Kecamatan Wringin.

“ Kami ingin mengurangi beban Desa dalam membuat perencanaan utamanya dalam Desain, Kontruksi dan penyusunan RAB.” Tegas Shadik.

Pihaknya berharap, nantinya jika sekolah desa ini berjalan dengan baik, dan para kader desa sudah bisa menguasai ilmu Desain, Kontruksi serta menyusun RAB, maka sekolah desa ini juga akan membahas hal lain yang menjadi kendala di desa. “Dengan harapan, agar sekolah Desa bisa menjadi wadah untuk menyelesaikan persoalan di Desa,”“ jelas Shadik.

Sementara dikesempatan yang sama, Andika, Selaku pendamping tekhnis di Kecamatan Wringin menyampaikan, sekolah desa tidak lain hanya untuk mencerdaskan kader desa. Dengan begitu, desa akan menjadi mandiri serta akan meningkatkan kualitas SDM di desa.

Hal senada dismpaikan, Rizki selaku pendamping Desa, bahwa dengan adanya sekolah desa ini mampu membuat wadah untuk meningkatkan kualitas kader TPK desa, agar tidak ada kesalahan dalam melakukan pembangunan di desa. Serta mengurangi kendala, utamanya dalam pembangunan yang sudah tertuang dalam APBDesa.

“Kader desa yang ditunjuk oleh desa, diharapkan memiliki kualitas dan komitmen tinggi utamanya dalam membangun desa lebih baik,” tegas Rizki saat memberikan sambutan dalam Launching Sekolah Desa.

Ubaidllah menambahkan, Kader Desa juga harus rutin untuk mengikuti sekolah Desa dengan jadwal yang sudah di tentukan dalam seminggu sekali yakni, hari kamis. Agar segala kegiatan atau materi yang kita sampaikan bisa terserap dengan baik.

“Kami sangat berharap keseriusan Desa, utamanya kader Desa yang di tunjuk untuk mengikuti kegiatan sekolah Desa,” pungkasnya. (Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.