PSHT Cabang Banyuwangi “Pencak Silat Budaya Bangsa, Berbudi Luhur Jati Diri Kita”

0
578

BANYUWANGI, radar-x.net – Malam ini merupakan malam sakral sekaligus momen sangat membahagiakan bagi para siswa Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) cabang Banyuwangi.

Perjuangan panjang bagi 430 siswa Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) berbuah manis setelah melewati latihan panjang yang sangat berat dan penuh disiplin, siap disahkan atau dilantik sebagai pendekar tingkat I PSHT. Dengan demikian, para pendekar tersebut secara sah menyandang Gelar warga baru PSHT di bawah naungan PSHT Cabang Banyuwangi.

Pengesahan warga baru PSHT tersebut dilaksanakan di Padepokan Graha Krida Taruna Terate Banyuwangi, tepatnya pada Sabtu (29/09/2018) malam.

Ketua Panitia Herman Dwi mengatakan pada wartawan radar-x.net, “Kami mengesahkan 430 dan ketambahan beberapa cabang, dari Bali, Jember, sebanyak 4 orang, sementara sesuai data yang masuk saat ini, dan mudah-mudahan warga yang disahkan malam ini bisa menjalankan amanah organisasi, selalu memberikan yang terbaik buat organisasi, menjadi warga PSHT bersifat memayu Hayuning Bawono (menciptakan kedamaian di dunia ini) dan kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar ikut membantu pengawalan acara ini supaya berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Ketua cabang PSHT Banyuwangi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa SH Terate cabang Banyuwangi akan tetap mewarnai pencak silat di Banyuwangi dalam kejuaraan IPSI, jika tiap tahun meningkat dan berharap akan selalu kondusif, dan

” Kita harus menerapkan ajaran PSHT berbudi luhur, kalau SH Terate di Banyuwangi 2000 orang, maka orang-orang yang berbudi luhur, ini pesan saya pada adik-adik warga PSHT,” kata Sudarko.

“Baru-baru ini warga Banyuwangi tahun ini ada 2 warga TK 2 yang lulus dan disahkan di Madiun bulan Muharram ini. Dalam acara malam ini mengambil Tema ” Pencak silat Budaya Bangsa, Berbudi Luhur Jati Diri Kita,” imbuhnya.

Michel selaku ketua KONI di wakilkan sekertaris umum, Mukayin menyampaikan pada ribuan warga PSHT yang hadir dalam acara pengesahan warga baru, “ada beberapa poin yang saya sampaikan, di Banyuwangi. Ada 35 cabang olahraga dibawah naungan KONI yang ada di Banyuwangi, salah satunya adalah pencak silat.

” Pencak silat adalah olahraga yang paling banyak diminati, pencak silat budaya bangsa dan pemersatu bangsa. Tahun depan kejuaran Porprov. tetap terselenggara 2 tahunan yang sebelumnya 4 tahun sekali. Sedangkan kejurkab idealnya 2 tahunan,” terangnya.

Sebelum sambutan ditutup Mukayin yang juga warga senior PSHT era tahun 70an berpesan. “Jadilah warga yang baik dan bermanfaat seperti yang diharapkan kedua orangtuanya dan organisasi,” pesannya.

Ketua IPSI kabupaten Banyuwangi, yang baru Made Cahya Negara diwakili Janotok ketua harian mengatakan dalam sambutannya, “Kami mengucapkan selamat pada warga baru dengan jumlah 400 lebih,dan tidak mudah menjadi warga SH Terate, minimal latihan 2 tahun dengan mengikuti proses. Sebentar lagi ada acara Kejurprov di Lamongan dan atlitnya di dominasi dari pendekar PSHT. Mudah-mudahan Banyuwangi menjadi juara utama, dan bulan Desember ada pertandingan lagi Tingkat kabupaten Banyuwangi,” pungkasnya. (Daf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.