Lomba Layang-Layang Menjadi Tradisi Saat Musim Kemarau

0
305

SAMPANG, radar-x.net – Layang-layang merupakan mainan yang unik bahkan bisa dikatakan menjadi hiburan anak-anak sampai kaum bapak-bapak. Seperti halnya pada saat ini, Lomba layang-layang Sedang buming di mata masyarakat Omben, Wilayah Sampang Jawa Timur.

Pergelaran hiburan masyarakat musiman ini memang kerap diminati banyak kaum remaja sampai orang tua. Lomba layang-layang sangatlah mengasyikkan selain biaya buatnya relatif murah dan paktis. Sehingga para layang-layang mania berlomba-lomba menunjukkan perform layangannya menonjol untuk yang terbaik. Selain menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik layang-layang yaitu ada hadiah yang diperebutkannya.

Pantauan awak media Radar-X di lapangan, Minggu, (07/10/2018), para layang-layang mania sedang asyik saling bersaing memainkan layangannya, dengan beraneka warna modelnya pun menjadi khas tersendiri dan di design sesuai nama dan sejarahnya.

Lomba yang digelar di desa Astapah Omben Sampang Jawa Timur tersebut, diikuti ratusan pecinta irisan bambu yang ditempeli kertas khusus. Sehingga memerlukan waktu tiga hari masa lomba termasuk babak Grand Final, yang memperebutkan hadiah total jutaan rupiah dengan bermacam tingkatan Juara.

Salim, ketua panitia yang didampingi Hari Saleho membenarkan, saat dijumpai awak media radar-x.net di bawah tenda, “Betul mas…! Kami melaksanakan lomba ini sudah tiga hari disini demi terjalinnya persahabatan antar desa meskipun melalui cara unjuk kebolehan perform garapannya,” ujarnya.

Saat disinggung tentang hadiah, mantan Kades ini mengatakan, “Kami pilih 6 layang-layang terbaik dengan beberapa kategori Dan sesuai tahapan,” imbuhnya.

Sementara, Muhlis Juri Lomba, ditempat yang sama juga angkat bicara, bahwa hadiah tersebut ada 6, diantaranya 3 untuk kategori pemenang atas, dan 3 lainnya penguasa pemenang bawah. “Semuanya dapat hadiah,” tandasnya. (Mun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.