Lembaga KPK-Nusantara DPC Solok Terus Fokus Memantau Anggaran Dana Bansos

0
146
Team KPK Nusantara Bersama Sabrana Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Dari Partai Gerindra.

SOLOK, radar-x.net – Jajaran team LSM KPK-Nusantara Berkunjung ke tempat kediaman Sabrana anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Dari Partai Gerindra. Pada Selasa (25/09/18).

Pasalnya, anggota DPRD tersebut banyak memberikan masukan perihal anggaran APBN Maupun APBD yang penggunaannya memang bertujuan untuk mensejahterakan masyrakat.

” Anggaran dana POKIR juga Dana Bantuan Sosial (Bansos) dan hibah dinilai sangat rawan diselewengkan oleh calon kepala daerah petahana, dana itu mungkin saja dapat dimanfaatkan untuk ongkos politik kepala daerah. Sebab, banyak ditemukan adanya kecenderungan kenaikan anggaran bansos menjelang tahun politik,” kata Caleg DPRD Prov. Sumbar dari partai Gerindra dengan nomor urut satu (1) Kepada Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pemantau Korupsi (LSM-KPK) Nusantara, Dewan Pimpinan Cabang kab/kota Solok tetsebut memberikan applause serta dukungan penuh. ” Teruslah bersama-sama kita kawal dan awasi penggunaan anggaran dana APBN/APBD tersebut,” tegasnya.

“Dana bansos dan hibah ini juga bisa digunakan petahana untuk menabung modal sosial yang dipergunakan sebagai bagian dari politik pencitraan petahana dengan meningkatnya APBD di Tahun Politik’, ujarnya kepada awak media.

Berdasarkan data yang dikumpulkan team KPK Nusantara, ada beberapa daerah yang meningkatkan belanja hibah dan bansos pada 2017. “Rata-rata daerah tersebut meningkatkan belanja bansos sebesar 35,4 persen menjelang pilkada,” ungkap ketua Lembaga kontrol social tersebut.

“Masalah ini sudah menjadi agenda utama bagi team kami, saya dan rekan-rekan LSM-KPK NUSANATARA DPC Kota/kabupaten Solok, akan lebih meningkatkan lagi dalam melakukan hal Pengawasan, untuk menjalankan Program itu kami bertekad, lembaga ini bergerak dan melakukan kontrol socialnya akan selalu independen dan Profesional,” terangnya.

“Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, masyarakatpun semakin banyak memberikan dukungannya kepada lembaga kami, Amanah Serta tanggung Jawab itu kami jadikan ladang Amal serta Ibadah bagi kami untuk bekal kami nanti. Insyaallaah kami juga mendapatkan arahan masukan oleh beberapa tokoh-tokoh masyarakat baik kab/kota, instansi pemerintah dan juga para pelaku usaha baik disektor pemerintah ataupun swasta, mereka mengusulkan dan juga menawarkan kepada kami untuk mencari maupun menjadikan mereka bapak angkat bagi LSM KPK-Nusantara DPC Kota/Kabupaten Solok,” ungkapnya.

“Sekali lagi saya mewakili seluruh team lembaga KPK-Nusantara, Mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepercaaan masyarakat Solok kepada lembaga kami. Insyaallaah kami akan selalu siap Memberikan bantuan baik tenaga, pikiran dan semua bentuk pertolongan yang sesuai dengan AD/ART serta Tupoksi Lembaga kami, selagi tidak bertentangan dengan aturan serta hukum yang berlaku,” uraiannya.

Terlebih lagi, lanjutnya, dalam hal pengawasan dana Bansos, banyak laporan Masyarakat juga temuan langsung dilapangan dari team Lembaga KPK-N yang realisasinya menyimpang dan tidak sesuai dengan program tujuan pokoknya. Sangat disayangkan dan kami menilai anggaran sebesar itu dan juga setau kami terus naik setiap tahunnya, dan hal itu menjadi program pemerintah yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat miskin yang masyarakat kurang mampu.

“Tapi kenyataan dilapangan sangat jauh dari yang diharapkan, mungkin saja ini ulah dari Oknum yang tidak Bertanggung Jawab, baik dari pejabat publik sendiri maupun masyarakatnya,” tandasnya. (Afri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.