Kisruh Tanah ‘TAMBAK ASRI’ DPRD Jawa Timur Berjanji Akan Lakukan Tindakan Tegas

0
564
LSM KPK Nusantara Saat Datangi Kantor DPRD Surabaya
LSM KPK Nusantara Saat Datangi Kantor DPRD Jawa Timur

Surabaya, radar-x.net – Menyikapi persoalan tanah aset negara yang saat ini sedang di Klaem oleh pengusaha dengan inisial “RH” No.sertifikat 47. Hal ini menuai kontrofersi antara warga yang menempati, Pemrov. Jatim dan Intansi terkait.

Oleh karena itu, LSM KPK(Komunitas Pemantau Korupsi) Nusantara yang notabene mendampingi warga tambak Asri, Kec. Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur, terus istiqomah melakukan kordinasi untuk mengetahui kejelasan tanah yang ditempati +_129 KK tersebut.

Hartoyo, Ketua Komisi E DPRD Jatim

Pasca aksi “UNRAS” dikantor Pemrov. Jatim (05/09/2018), LSM KPK dan perwakilan warga Tambak Asri lakukan audensi di komisi C DPRD Jawa Timur. Hal ini suatu bentuk upaya lembaga anti rasuah ini untuk menyelamatkan aset Negara.

Dalam pertemuannya, Reffil, wakil ketua komisi C menjelaskan akan segera melakukan pemanggilan kepada Instansi yang berwenang dalam hal ini adalah BPN untuk mengetahui batas-batas wilayah agar tidak terjadi pihak-pihak yang dirugikan.

Lebih jauh Hartoyo, ketua komisi E menjelasakan, bahwa warga yang menempati tanah Negara yaitu di tambak asri, krembangan sudah mempunyai legal standing yang kuat yaitu sudah ada MoU sewa lahan selama 5(lima) tahun kepada Dinas Perikanan dan Kelauatan Pemrov. Jatim, jadi saya berharap semua pihak untuk mematahi proses hukum.” Ungkapnya diluar ruangan.

Ditambahkannya, “meskipun ada 2(dua) warga yang ditersangkakan oleh pihak kepolisian namun hal tersebut tidak bisa dibuat acuan kepemilikan lahan karena proses perdatanya masih belum ada keputusan yang ingkarah, apalagi warga masih melakukan upaya banding.” Tandasnya.

Mahus Ali, ketua DPC. LSM KPK Surabaya menerangkan bahwa LSM KPK tidak main-main dalam hal ini, jika ada pihak pihak yang turut terlibat memperjual belikan tanah aset negara maka LSM KPK akan melakukan upaya hukum. Hasil kami datang ke DPRD Jawa Timur ini sangat memuaskan bagi kami karena Komisi C berjanji akan segera mengambil sikap tegas untuk melakukan pemanggilan kepada pihak-pihak berwenang dalam urusan tanah tambak Asri.” Ungkapnya, (05/9/2018), Pukul 11.00 WIB dikantor DPRD Jawa Timur.

Ditambahkan oleh H. Misdi, anggota LSM KPK yang sejak awal mendampingi warga, “tanah yang ditempati warga itu memang milik Pemrov. Jatim mas, buktinya disetiap sudut ada plang yang bertuliskan “Tanah Ini Milik Negara” kan tidak mungkin kalau bukan tanah milik Negara dikasik plang kayak gitu,” tandasnya.

“Logika orang bodoh saja bisa menilai tanah tersebut milik siapa?, saya analogikan jika tanah milik pribadi saya dikasik plang nama milik orang lain pastinya saya perkarakan yang memasang plang tersebut. Ini aneh yang pasang plang tidak di perkarakan, malah masyarakat yang lemah yang ditersangkakan.” Cetusnya, sambil dengan nada khas candanya.

Disambut dengan ungkapan Sekretaris LSM KPK DPD. Jawa Timur, M. Munir yang saat itu juga ikut serta mendampingi warga Tambak Asri, “mungkin takut kalau musuhnya gajah yaitu Pemrov. Jawa Timur makanya cari tumbal masyarakat yang lemah,” cletuknya dalam konfirmasi media ini.

“Harapan kami agar supaya para pejabat penyelenggara Negara, baik penegak hukum maupun instansi terkait agar supaya ikut andil dalam upaya gerakan penyelamatan tanah aset Negara yang kami lakukan ini.” Pungkasnya. (Fathur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.