Wisata Kedung Cowet Masuk Daftar Usulan Musrembang Kabupaten Tahun 2019

0
584

INDRAMAYU, radar-x.net – Dinas Budaya dan Pariwisata Indramayu (Disbudpar) Tahun 2019 merencanakan bantuan pembangunan Wisata Kedung Cowet di Desa Cemara Wetan Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Musrembang tingkat Kabupaten Tahun 2019 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Kabid Pariwisata Ela sari kepada radar-x.net, saat di temui pada Selasa (28/8/2018).

Ia mengatakan, bahwa Wisata Kedung Cowet sudah masuk perencanaan APBD 2 Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “Ada 7 paket karena Kedung Cowet sudah kami usulkan untuk musrembang Kabupaten tahun 2018 ini. Sedangkan untuk pembangunanya sendiri, jika di acc oleh Pemda, maka akan berupa gapura, mck, mushola, tempat parkir, taman, PJU, track jalan setapak dan pasar kuliner wisata,” kata Ela.

Sementara Kepala Disbidpar Indramayu H. Odang Kusmayadi, MM, sendiri telah membenarkan bahwa Kedung Cowet sudah masuk di 58 titik potensi pariwisata Indramayu yang perlu di kembangkan.

Ia menjelaskan, dengan dikelolanya wisata tersebut oleh Bumdes maka hal itu sudah berkekuatan hukum tetap dan sangat baik sekali. “Karena sudah berkekuatan hukum tetap pastinya akan memberikan dampak positif untuk menunjang perekonomian masyarakat desa sekitar akibat timbal baliknya,” terangnya.

“Wisata Kedung Cowet sendiri, sudah masuk 58 titik potensi wisata, begitu juga SK Bupati sudah diturunkan menjadi Desa Wisata,” papar Odang.

Menanggapi hal positip Perencanaan Disbudpar Indramayu Dewan pembina JOIN, Marif yoga Yanda Perdana, SE, mengatakan, bahwa pengembangan pariwisata perdesaan layak dikembangkan terutama untuk mendorong kegiatan masyarakat petani maupun non petani, yang pada harapannya nanti dapat mendukung diversifikasi perdesaan untuk mengembangkan pariwisata perdesaan dapat dilakukan dengan mengidentifikasi potensi.

Yoga menambahkan, usulan tersebut diharapkan dinas terkait bersungguh-sungguh dan bersimpati untuk mendorong Wisata Kedung Cowet pada nantinya.

“Harapan saya dinas PUPR dan Disbudpar bersinergi mendorong pula akses jalan Wisata Kedung Cowet, karena pengadaan akses jalan Wisata juga harus mereka realisasikan, anggaran pun pastinya bisa diusulkan dong, tinggal kesungguhannya saja menurut saya,” harap Yoga. (Nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.