Takmir Masjid Al Qautsar Secaba Potong Hewan Qurban 12 Ekor Kambing

0
347

JEMBER, radar-x.net – Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 2018, pengurus takmir masjid Al Qautsar, Secaba Rindam V Brawijaya Sukorejo Jember, menggelar pemotongan hewan qurban sejumlah 12 ekor kambing. Pemotongan tersebut dilaksanakan di halaman pinggir lapangan dekat masjid Al Qautsar, Rabu (22/8/18).

Pasalnya, pemotongan hewan qurban tersebut bertujuan untuk memperingati Idul Adha atau Idul Qurban, dan dibagikan pada yang berhak menerima. Semisal para orang miskin yang kurang mampu terutama warga sekitar Secaba ini.

Dikatakannya, bahwa pada hakekatnya hewan qurban tersebut adalah untuk membagi rejeki dan nilai ibadah kita yang telah kita lakukan satu tahun agar lebih meningkat, selain itu agar kita selalu dalam lindungan Allah yang maha segalanya.

” Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha atau Idul Qurban ini adalah untuk meningkatkan nilai ibadah kita yang satu tahun. Selain itu juga ber qurban untuk saudara kita yang ada di sekitar Secaba. untuk qurban tahun ini lebih sedikit dibanding sebelumnya, saat ini hanya memotong 12 ekor kambing hasil pengumpulan keluarga besar Secaba dan Komando,” kata Bambang, Ketua takmir masjid Al Qautsar Secaba yang juga asli Jember ini.

Sebelumnya, lebih lanjut Bambang menjelaskan, mengawali dengan takbir bersama, dilanjutkan sholat Idul Adha dan diteruskan pemotongan hewan qurban ini. Selain itu pihaknya melibatkan 15 orang personil takmir masjid dan 8 orang yang sedang dalam pendidikan di Secaba ini. bahkan ia berharap dengan sinergitas TNI dan masyarakat agar terus terjalin, dan informasi dari masyarakat.

” Biasanya setiap tahun ada juga pemotongan hewan qurban berupa sapi, tapi untuk tahun ini hanya 12 kambing saja. Namun setiap tahun secara rutin kami laksanakan, dan bagi penerima tidak perlu antri disini (Secaba), tapi kami antarkan pada warga masing-masing yang sudah didata sebelumnya oleh panitia,” jelas Bambang.

Salah seorang warga penerima, sebut saja Bu Marto, ia mengatakan, bahwa dirinya tiap tahun selalu menerima dari Secaba, bahkan tidak pernah absen sama sekali. Inilah bentuk kepedulian Secaba pada warga sekitar.

” Kami atas nama warga mengucapkan banyak terima kasih pada takmir masjid Al Qautsar yang masih dalam lingkungan Secaba tersebut,” ungkapnya.

” Semoga Allah selalu melindungi seluruh keluarga besar Secaba Rindam V ini, baik dalam menjalankan tugas di luar pulau maupun tugas sehari-hari,” pungkasnya.

Pantauan awak media saat di lapangan, pembagian hewan qurban pada warga sekitar lokasi Secaba dilakukan dengan cara “dor to dor” dan jemput bola yang di lakukan panitia ke setiap KK di lingkungan Kali Kotok Kelurahan Karang Rejo Sumbersari Jember. (Dik/Rez/Rol)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.