Dispenduk Capil Ikut Memeriahkan Pawai Budaya Menyambut HUT RI Ke 73

2
714

BONDOWOSO, radar-x.net – Karnaval Budaya yang di Selenggarakan Pemerintah Kabupaten Bondowoso, adalah Kegiatan rutin tiap tahun guna memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) dengan berbagai tema yang berbeda-beda. Tahun ini tema yang diambil adalah “Pembangunan untuk menyangga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”. Senin (13/08/2018).

Pawai Budaya tersebut, dilepas oleh langsung oleh Bupati Amin Said Husni, start Mulai dari Depan Pendopo – Jl. Pb sudirman, Jl. Teuku umar, Jl. Let. Sudiono, Jl. bungur hingga garis finish di Jl. A. Yani.

Dikatakannya, Kebudayaan dan peradaban merupakan proses internalisasi nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat yang akan melekat pada sejarah perjuangan bangsa yang mengalami perkembangan dan perubahan. Karena itu diperlukan pemahaman sejarah dan budaya yang mampu menciptakan dan mengawal keterbukaan kearah masyarakat yang lebih cerdas, rasional, etis dan berbudaya.

Mohammad Tamin SH., MM., Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menguraikan, pawai ini menjadi salah satu saran untuk memberikan hiburan yang kreatif, inovatif, dan edukatif. Sekaligus memberikan ruang kepada para seniman untuk mengaktualisasikan potensi mereka.

” Acara Karnaval guna untuk memahami lintasan sejarah Bangsa Indonesia merupakan sesuatu yang sangat penting, khususnya bagi generasi yang akan datang, agar tidak terjadi keterputusan sejarah ditengah derasnya arus budaya global,” ujarnya.

Tamin menjelaskan, Melalui peringatan Proklamasi kemerdekaan RI Ke 73, yang dilaksanakan oleh Pemkab Bondowoso dalam membentuk pawai budaya. ” Lewat kegiatan ini kita akan menyaksikan keanekaragaman budaya dan karya anak bangsa yang tervisualisasi dalam karnaval,” ungkapnya.

Pawai pembangunan kali ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya, jika pada tahun sebelumnya selalu menampilkan mobil hias, kali ini pawai pembangunan mengusung konsep kebhinekaan dan mewajibkan seluruh peserta untuk menampilkan barisan yang terdiri dari personil dengan konsep keragaman adat istiadat yang ada di Indonesia.

Pantauan radar-x dilokasi, Masyarakat sangat antusias dan sungguh luar biasa. Ribuan penonton tumpah ruah dan memadati tiap jengkal ruas jalan sepanjang rute yang dilalui. (Nur)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.