Ketua Dekranasda dan TP-PKK Aceh mengajak Perluas Pasar Kerajinan Daerah

0
526
Ketua Dekranasda dan TP-PKK Aceh mengajak Perluas Pasar Kerajinan Daerah
Darwati saat melantik Hj. Rosma Jasmin sebagai Ketua Dekranasda dan TP-PKK Aceh Barat periode 2017-2022 di aula Kantor Bupati Aceh Barat. 



ACEH BARAT, radar-x.net – Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Aceh dan TP-PKK Aceh, Darwati A Gani mengajak Dekranasda Aceh Barat untuk meningkatkan produksi dan perluasan pasar kerajinan Daerah guna mendukung sektor pariwisata serta peningkatan ekonomi keluarga.

Hal tersebut disampaikan Darwati seusai melantik Hj. Rosma Jasmin sebagai Ketua Dekranasda dan TP-PKK Aceh Barat periode 2017-2022 di aula Kantor Bupati Aceh Barat, Selasa (10/10/17).

Darwati mengaku, beberapa kerajinan Masyarakat di Aceh Barat sudah dikenal cukup luas, seperti tenun benang emas, karya kreatif dari enceng gondok dan sebagainya.

“Semua hasil kerajinan itu harus kita tingkatkan lagi melalui berbagai pelatihan bagi pengrajin, pemanfaatan teknologi informasi juga perlu kita terapkan untuk memperkuat program ini,” kata Darwati.

Produk kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat, kata Darwati bukan hanya dapat mendukung sektor Pariwisata, tapi juga akan meningkatkan ekonomi keluarga.

Untuk mewujudkan hal tersebut lanjut Darwati, pengurus Dekranasda Kabupaten Aceh Barat harus dapat menjalin kerjasama dengan lembaga atau organisasi terkait dalam memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas bagi para pengrajin, sehingga karya-karya kerajinan menjadi lebih berkualitas dan dapat berbicara di tingkat Nasional bahkan Internasional.

Terkait kesejahteraan keluarga, Darwati menjelaskan bahwa, keterlibatan PKK dalam menjalankan program kesejahteraan keluarga sangatlah dibutuhkan. Dengan sentuhan seorang ibu, PKK diharapkan dapat melahirkan program yang tepat sasaran agar upaya pembinaan keluarga berjalan dengan baik.

“Program-program pembinaan keluarga melalui kegiatan pendidikan bagi anak, penyuluhan kesehatan, pencerahan tentang gizi keluarga, pemberdayaan ekonomi keluarga, dan lain sebagainya, harus tetap menjadi prioritas yang harus mendapat perhatian Tim Penggerak PKK di daerah ini,” terang Darwati.

Darwati menambahkan, untuk menyukseskan program-program pembinaan keluarga diperlukan kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya kerjasama pembinaan anak-anak dan generasi muda yang sekarang ini sangat rentan terhadap pengaruh budaya asing.

“Caranya, dengan memperkuat pendidikan agama sejak usia dini di tingkat keluarga dan desa. Apapun program yang ingin dikembangkan Tim Penggerak PKK dan Dekranasda di daerah ini, upayakan semua itu bersinergi dengan program Pemerintahan Kabupaten agar mampu memberi daya dorong yang kuat bagi perubahan di lapangan,” tambah Darwati.

Darwati sangat berharap agar Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan stakeholder lainnya memberikan dukungan bagi program-program PKK dan Dekranasada, sehingga meningkatkan partisipasi Masyarakat dalam berbagai kegiatan pembangunan. (Muhd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.