Ratusan Alumni PMII Padati Pendopo Bupati Bondowoso

0
405
Ratusan Alumni PMII Padati Pendopo Bupati Bondowoso

BONDOWOSO,Radar-X.Net – Ratusan alumni PMII dari berbagai kampus, baik kampus di Bondowoso sendiri maupun dari luar Bondowoso hadir memadati Pendapa Bupati Bondowoso yang menjadi tempat pengukuhan. Kader PMII dari Komisariat dan rayon serta Pengurus Cabang PMII Bondowoso juga tampak antusias melihat alumninya dikukuhkan.

Dalam hal ini pengurus Cabang Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC IKA PMII) Bondowoso, Jawa Timur resmi dikukuhkan, Jumat (2/6/2017). Sekretaris Jenderal (Sekjend) PB IKA PMII, Hanif Dhakiri yang mengukuhkan kepengurusan yang sudah terbentuk 1 Juni 2016 lalu ini.

Ketua PC IKA PMII Bondowoso, Muhammad Asnawi Sabil dalam sambutannya mengingatkan tentang pentingnya taat pada aturan dalam berorganisasi. 

Sabil mengatakan, selama setahun menanti pengukuhan, IKA PMII Bondowoso, sudah melakukan berbagai hal positif. Salah satunya mengedukasi kader PMII yang masih aktif agar juga berkontribusi bagi Bondowoso.

“Pak Sekjend, IKA PMII Bondowoso beberapa waktu lalu sudah melakukan pelatihan entrepreneur bagi kader-kader. Tujuannya agar kader itu mandiri,” papar Sabil. 

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bondowoso ini juga melaporkan bahwa pada tahun ini IKA PMII Bondowoso sudah mulai membangun Graha Pergerakan yang akan menjadi sekretariat PC IKA PMII dan PC PMII Bondowoso.

Graha Pergerakan ini dibangun atas dukungan semua alumni PMII. Termasuk juga ketua PW  IKA PMII Jawa Timur, KH Amin Said Husni.

Amin Said Husni, yang juga Bupati Bondowoso berharap agar PMII ke depan lebih kreatif dan progresif dalam bertindak. Alumni PMII yang saat ini sudah tersebar dihampir bidang seperti pendidikan, eksekutif dan legislatif bahkan ada yang menjadi kepala desa. Mereka ini harus terus meningkatkan kualitas dan profesionalitasnya. Hal ini dikarenakan, tantangan yang akan dihadapi semakin berat. Dan hal ini menuntut kiprah dan khidmat Alumni PMII sebagaimana slogannya ‘Ilmu dan Bhakti Kuberikan’.

“Untuk mewujudukan masyarakat yang dicita-citakan ini menuntut khidmat sahabat-sahabat pergerakan sebagaimana tujuan perjuangan ‘Bangsa yang jaya Islam yang benar’,” papar Amin Said.

Sementara itu, Hanif Dhakiri menyatakan bahwa saat ini negara masih menghadapi tantangan dan ujian. Salah satunya menyangkut tata kelola kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Indonesia adalah sebuah negara yang plural, yang majemuk dan seharusnya ini sudah selesai sebagai sebuah bangsa. Tapi sampai hari ini masih banyak yang mempertanyakan yang akhirnya memantik perdebatan.

“Kalau seperti ini, kita rindu pada Rhoma Irama dengan lagunya ‘Stop Perdebatan’,” kata Hanif Dhakiri sambil melantunkan syair lagu Rhoma Irama.

Hanif Dhakiri, yang juga Menteri Tenaga Kerja ini ingin agar keluarga besar PMII bisa tampil sebagai perekat dan kekuatan yang kontributif bagi bangsa ini.

Investasi panjang perjuangan Nahdlatul Ulama (NU) yang notabene ‘orang tua’ PMII seharusnya bisa dimaksimalkan dengan baik oleh PMII untuk selalu tampil. Hal ini, menurut Hanif tidak salah. Karena satu-satunya organisasi kemahasiswaan yang ‘dibidani’ NU adalah PMII. 

Selain pengukuhan PC IKA PMII Bondowoso, Sekjend PB IKA PMII ini juga menandatangani prasasti Graha Pergerakan yang akan dibangun oleh PC IKA PMII Bondowoso tahun ini. (skr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.