Manfaatkan Lahan Kosong, Danramil Tenggarang Tanam Cabe

0
401
Manfaatkan Lahan Kosong, Danramil Tenggarang Tanam Cabe
Personel Koramil 0822/04 Tenggarang saat menanam cabe (Foto:Sukri) 

BONDOWOSO, Radar-X.Net – Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan pemerintah dan untuk mensejahterahkan anggota Prajurit TNI dan masyarakat, Koramil 0822/04 Tenggarang pimpinan Danramil Kapten. Cbh. Bambang Adi purnomo melakukan kegiatan yang produktif dengan menanam cabe menggunakan polybag maupun pemanfaatan lahan kosong di sekitar kantor. Kamis(2/3/2017)
“Apalagi di saat sekarang ini harga bahan pokok khususnya cabai di seluruh pasaran semakin naik tak terbendung sehingga membuat masyarakat harus pintar-pintar mengatur keuangan keluarga,” kata Danramil. 
Melihat perkembangan kondisi seperti ini, maka anggota koramil 04 Tenggarang berinisiatif memanfaatkan halaman atau lahan kosong di koramil yang seluas 100 Meter tersebut untuk menanam sekitar 2500 pohon Cabe. 
Dalam hal ini Kapten. CHB. Bambang Adi purnomo mengungkapkan bahwa, “gerakan tanam cabai bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan memberikan contoh tentang teknik bercocok tanam cabai yang baik sehingga diharapkan dapat memberikan stimulan atau dapat menarik minat dan animo masyarakat untuk bercocok tanam cabai dengan memanfaatkan lahan kosong yang berada di sekitar rumah mereka menjadi lahan produktif yang bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari bahkan lebih jauh lagi dapat menjadi komoditas yang sangat menguntungkan jika dilakukan dalam skala besar, sehingga diharapkan dapat meningkatakan taraf kesejahteraan hidup masyarakat,” terangnya. 
Selain itu, Koramil 0822/04 Tenggarang juga mengajak masyarakat menanam cabai dengan menggunakan polybag di sekitar rumah masyarakat setempat, yang lokasinya berada di pinggir serta di depan atau disamping perkarangan rumah masing-masing. 
“Kegiatan ini dilakukan, dalam rangka mensiasati lonjakan harga cabai. Sehingga dengan menanam cabai sendiri, dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga,” tambah Danramil. 
Ia juga menjelaskan, bahwa dengan melambungnya harga cabai di pasaran seperti sekarang ini, pihaknya mewajibkan seluruh anggota Koramil, menanam cabai di lingkungan Kantor, serta di rumah anggota, dengan menggunakan polybag.
“Produktivitas buah atau hasil yang didapat dari bertanam cabe di polybag hasilnya hampir sama dengan yang ada di lahan pertanian, begitu pula mutu produk.” Tutupnya. 
Selesai melaksanakan kegiatan, kapten Chb. Bambang berterima kasih kepada anggotanya yang dapat melaksanakan serta merealisasikan perintah dari Komando atas dan mengerti perkembangan pasar. (Sukri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.