Terkait Sample Limbah PKS PT. SJI Coy, Ini Penjelasan Dinas LH Rohul

0
471
Dinas LH Rohul saat melihat kolam Limbah PT SJI Coy Kepenuhan belum lama ini (foto:FW) 

ROKAN HULU, Radar-X.Net – Terkait analisa hasil laboratorium terhadap sampel limbah cair Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Sumber Jaya Indah (SJI) Nusa Coy dan sampel air Sungai Batang Lubuh yang diduga tercemar akibat merembesnya limbah cair perusahaan tersebut. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hulu menyebutkan pekan depan akan mengekpose ke publik. 
Belum diekposnya analisasi hasil laboratorium Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau terkait sampel limbah cair PKS PT SJI Nusa Coy, karena Dinas LH Rohul baru selesai melaksanakan rapat internal Tim Teknis terhadap analisasi laboratorium indikasi pencemaran air sungai batang lubuh di Desa Ulak Patian Kecamatan Kepenuhan.
Terkait kapan ekposnya hasil analisa laboratorium sampel limbah cair PKS PT SJI Nusa Coy yang beroperasi di Kecamatan Kepenuhan. Kepala Dinas LH Rohul Drs. H. Hen Irfan MSi., menjawab media Jumat, (3/2).
‘’Dengan kesibukan, hari ini (Jumat, red) kita baru selesai melaksanakan rapat internal tim teknis terkait analisasi hasil laboratorium dari Sampel limbah cair dan air sungai Batang Lubuh yang diduga tercemar dari rembesan limbah cair PKS PT SJI Nusa Coy tersebut. Insya Allah, pekan depan kita akan ekpose hasilnya ke publik,’’ ungkapnya
       
Dijelaskannya, mesti sudah ada hasil dari rapat internal tim teknis Dinas LH Rohul terhadap hasil laboratorium sampel limbah cair dan air sungai batang lubuh yang diduga tercemar akibat merembesnya limbah cair Kolam I PKS PT SJI Nusa Coy, ia menyatakan belum bisa di ekpose sekarang.
        
‘’Kita rencanakan Ekpose analiasi laboraorium sampel limbah cair Senin (6/2/17) atau Selasa (7/2/17) mendatang. Dinas Lingkungan Hidup akan mengundang masyarakat Desa Ulak Patian dan manajemen PKS PT SJI Nusa Coy untuk ekpose hasil analisasi laboratorium terhadap empat titik sampel yang diambil dilapangan,’’ jelasnya. 
Hen Irfan menambahkan, tidak ada yang harus ditutupi dari hasil analisasi laboratorium sampel limbah cair PKS PT SJI Nusa Coy. Karena sebelum di ekpose kepada masyarakat hasil laboratorium, perlu dilakukan rapat internal tim teknis, terhadap sanksi yang diberikan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, terhadap hasil laboratoirum yang diterima dugaan indikasi pencemaran dari limbah perusahaan tersebut.
Perlu diketahui, belum lama ini masyarakat Desa Ulak Patian melakukan aksi damai di PT. SJI Coy, bahkan sudah sampai di mediasi di DPRD dan Pemerintah Daerah Rokan Hulu, terkait beberapa tututan masyarakat tersebut, salah satunya tentang Limbah PKS Perusahaan itu. (FW/Lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.