Refleksi Setengah Periode DPRD LOTENG, Aktifis Dan Jurnalis Diminta Kritis

0
388
Refleksi Setengah Periode DPRD LOTENG, Aktifis Dan Jurnalis Diminta Kritis
Samsul Komar Dari Fraksi Demokrat DPRD Lombok Tengah (Foto: Zulkarnain)

LOTENG, radar-x.net – Langkah baru yang dilakukan oleh Komisi I DPRD Kabupaten Lombok Tengah dengan mengadakan diskusi terbuka. Undangannya pun terbuka, diumumkan melalui media sosial salah satu akun Face Book anggota DPRD, Samsul Komar, yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Lombok Tengah. Undangan diskusi ini dihajatkan bagi masyarakat Lombok Tengah, Pegiat LSM, bahkan wartawan sebagai kontrol sosial, untuk mengetahui sejauh mana kinerja anggota DPRD Lombok Tengah selama setengah periode ini dibawah kepemimpinan H.Ahmad Fuadi FT.

Disampaikan Samsul Komar, “acara ini merupakan ‘refleksi’ setengah periode DPRD Lombok Tengah dibawah kepemimpinan H.Ahmad Fuadi FT. Kami sadar, sebagai anggota DPRD Lombok Tengah, kami banyak memiliki kekurangan selama setengah periode ini. Karena itulah, kami dari Komisi I DPRD Lombok Tengah berinisiatif mengadakan diskusi terbuka ini untuk mendengar langsung apa pendapat dan penilaian ataupun keinginan serta harapan masyarakat Lombok Tengah tentang kinerja anggota DPRD selama setengah periode ini”, kata Samsul Komar, dari Fraksi Demokrat ini menjelaskan.

“Diskusi seperti ini pertama kali dilakukan oleh DPRD Lombok Tengah, dimana acara ini merupakan reaksi terlebih dahulu dilakukan baru kemudian ada aksi. Artinya, kami tidak menginginkan selalu ada aksi terlebih dahulu baru kemudian reaksi. Dulu banyak sekali aksi-aksi yang dilakukan oleh beberapa LSM untuk melakukan kritisi kepada DPRD maupun Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah. Tapi sekarang kurang. Bukan berarti kurangnya aksi-aksi demonstrasi untuk mengkritisi anggota DPRD ataupun Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, pengawasannya menjadi berkurang. Kami tetap menginginkan masyarakat kritis, pegiat-pegiat LSM kritis, kalau tidak seperti itu, ya tidak bisa”, kata Samsul Komar, melanjutkan.

“Dengan cara ini,Komisi I mengadakan refleksi setengah periode kinerja anggota DPRD Lombok Tengah dibawah kepemimpinan H.Ahmad Fuadi FT.Kami butuh kritik dan saran dari masyarakat apa yang masyarakat lihat selama ini tentang anggota DPRD Lombok Tengah. Kami membuka diri, kalau tidak seperti itu, tidak bisa ter koreksi apa yang kami lakukan, kesalahan-kesalahan kami tidak bisa terkoreksi, kami tidak sempurna, kami tidak bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kalau tidak dikritisi”,kata Samsul Komar,menyampaikan harapannya kepada peserta diskusi yang diadakan di Cafe&Lesehan Puri Boga Praya Sabtu,(21/01/2017).

Hal senada disampaikan oleh Suhaimi, anggota Komisi I DPRD Lombok Tengah. “Kami mengadakan acara ini untuk diskusi yang membangun, sehingga kami membutuhkan aspirasi-aspirasi dari masyarakat Lombok Tengah. Acara ini pembahasannya difokuskan pada konstituen versus DPRD. Artinya, para pemilih menyampaikan aspirasinya kepada para wakilnya yang berasal dari Dapil masing-masing”, tandas Suhaimi.

“Karena itu, kami sangat membutuhkan informasi dari para wartawan yang mengetahui langsung peristiwa-petistiwa atau keadaan yang sebenarnya dibawah. Karena itu, kami memposisikan wartawan dalam acara diskusi ini sebagai panulis”, kata Suhaimi. (Zulkarnain/Buhari).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.