Razia Type B Di Banyuwangi Mencapai 207 Kendaraan

0
654
Razia Type B Di Banyuwangi Mencapai 207 Kendaraan
Petugas Saat Razia kendaraan (Foto:David) 


BANYUWANGI, Radar-X.Net  – Dinas Perhubungan dan Lalu-lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Provinsi Jawa Timur. Merazia sejumlah kendaraan yang melalui Jalan Raya Situbondo -Banyuwangi di jembatan timbang watu dodol kecamatan Kalipuro, kabupaten Banyuwangi, Rabu(22/02/2017). Tak hanya kendaraan roda dua, petugas juga merazia kendaraan berbagai jenis kendaraan yang melintas.
Kasi Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Jalan UPT DLLAJ Banyuwangi, I Made Pasek Suparta SH. mengatakan, “razia tersebut merupakan program Operasi Sadar Keselamatan Lalu-lintas dan ketertiban LLAJ, dengan tujuan menekan angka pelanggaran perizinan angkutan umum, terpenuhinya persyaratan teknis dan layak jalan kendaraan bermotor, mengurangi tingkat kejadian kecelakaan, memberikan efek jera kepada pengguna jalan yang melakukan pelanggaran. 
“Kita juga menggandeng UPT. LLAJ Banyuwangi (dishub Prov. Jatim), Dishub kab. Banyuwangi, Polantas Polres Banyuwangi, Polsek setempat, Reskrim Polres, CPM Banyuwangi  korlap, KASI DAL.OPS. UPT LLAJ Banyuwangi.” Ungkapnya.
“Kita juga menemukan pelanggaran dimensi yang mana dimensi ini bisa membahayakan pengendara lain jika hendak menyalip,dimensi ukuran yng seharusnya 7m melebihi sampai 9m belum lagi ketinggiannya ini sudah jelas melanggar peraturan,” imbuhnya Guntur Prasanto.
Dikatakannya, maksud dari razia ini, terwujudnya pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat, tertib dan lancar. “Hal ini dalam upaya mendukung perekonomian yang kondusif, terwujudnya etika berlalu lintas dan cermin budaya bangsa, terwujudnya penegakan hukum dan kepastian hukum bagi masyarakat,” Terang Made.
Dijelaskannya, bahwa Operasi ini masuk dalam tipe B, sehingga kendaraan yang ditindak untuk langsung mengambil surat-surat kendaraan yang menyalahi aturan dan untuk menghadiri sidang di pengadilan negeri Banyuwangi, karena menyimpang trayek sidang di tempat.

Operasi kestib type B tanggal 20 Februari 2017 di jembatan timbang Kalibaru Manis dengan hasil tilang UPT LLAJ BWI (dishub Prov. Jatim) 11 dan tilang polri = 33. kendaraan.yang diperiksa = 202 dan kendaraan yang ditilang =44 kendaraan, Ops. Kestib, type B tanggal 21 Februari 2017 di Terminal Brawijaya Banyuwangi jumlah kendaraan yang diperiksa =  161 kendaraan dan tilang UPT LLAJ BWI (dishub Prov. Jatim) = 21 dan tilang polri = 30 total tilang = 51 kendaraan ops. Kestib type B tanggal 22 Februari 2017 di jembatan timbang watudodol jumlah kend yang diperiksa = 220 kendaraan dan ditilang UPT LLAJ BWI (dishub Prov. Jatim)  =  20 dan ditilang polri = 60 total tilang = 80 kendaraan. untuk petugas operasi kestib type B yang terlibat. 
“Hasil pelanggaran laik jalan dan trayek, buku habis masa berlakunya dan tilang, dari UPT LLAJ Banyuwangi dan lantas Banyuwangi dalam satu bulan type B lantas mencapai 207 pelanggar. Razia tersebut, merujuk pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan.” Pungkas Made. (Dafid Firmansyah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.