Persiapan Personil Pengamanan Pemilukada 2017

0
447
Suasana saat apel pengecekan personel (Foto:Wawan) 



KOLAKA-SULTRA, Radar-X.Net – Tanpa terasa kegiatan pemilukada serentak tinggal menghitung hari, khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara, yang akan melaksanakan pemilukada serentak 2017, salah satunya kabupaten Kolaka utara. 

Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara yang akan berlangsung pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang, menyita perhatian yang cukup banyak khususnya pada Institusi  Kepolisian Negara Republik Indonesia yang akan menjadi ujung tombak dalam pengamanan kegiatan Pemilukada serentak tahun ini.
Polres Kolaka yang selaku ujung tombak dalam pelaksanaan pemilukada serentak di wilayah hukumnya, sejak awal telah mempersiapkan pengamanan demi kelancaran dan suksesnya pemilukada di kabupaten Kolaka utara. Menyikapi hal tersebut, Polres Kolaka yang merupakan bagian dari rayonisasi kewilayahan pada jajaran polda Sulawesi Tenggara sejak awal telah mempersiapkan diri untuk memberikan bantuan pengamanan dalam pelaksanaan pemilukada di kabupaten kolaka utara. 

Persiapan Personil Pengamanan Pemilukada 2017

Rabu (8/2/17) pagi tadi bertempat dihalaman Apel Polres kolaka, usai pelaksanaan kegiatan Apel satuan Fungsi, Kapolres kolaka AKBP Darmawan Affandy, SIK langsung mengapelkan seluruh Personil yang akan melaksanakan BKO ke Polres Kolaka Utara. Kapolres kolaka didampingi Oleh Kabagops polres Kolaka Kompol Taufiq SB yang memimpin langsung Apel pengecekan Personil yang akan melaksanakan BKO.
Dalam Kegiatan Apel tersebut kapolres kolaka menekankan kepada seluruh Personil Polres Kolaka agar senantiasa menjaga sikap dan melaksanakan pengamanan Pilkada berdasarkan SOP yang ada. “Kita adalah tamu di Polres kolaka utara, namun kita harus tetap pro aktif dan selalu siap memberikan bantuan kepada Polres Kolaka Utara selaku tuan rumah dengan tidak menampakkan sikap untuk selalu dilayani, serta saya harapkan jumlah personil Polres Kolaka yang akan berangkat ke kolaka utara sama dengan jumlah saat kembali melaksanakan BKO,” harap darmawan. 

Dijelaskannya, personil Polres Kolaka yang akan melaksanakan BKO pada pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati di Kolaka Utara sebanyak 93(Sembilan puluh tiga) personil yang dibawah Koordinator Kabagops Polres Kolaka yang terdiri dari 2(dua) SST dalmas yang akan disiagakan di Polres Kolaka yang mana masing-masing peleton dipimpin oleh perwira pengendali lapangan diantaranya pada TON 1 dipimpin langsung oleh kasat sabhara, peleton 2 dipimpin oleh Kasat Narkoba Polres kolaka, sedangkan satu SST yang di bawa kendali Ipda Ferry Pangandaeng yang akan melaksanakan Pengaman TPS yang ada di Kolaka Utara. 
Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui sampai dimana kesiapan personil Polres Kolaka yang akan melaksanakan BKO di Kolaka utara, yang tentunya perbantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat yang baik sehingga keamanan dan ketertiban serta kelancaran pelaksanaan Pilkada dikabupaten Kolaka utara dapat berjalan sesuai yang kita harapkan. 
Untuk Personil Polres kolaka tentunya saya harapkan betul-betul melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya, dengan tidak melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan persepsi masyarakat tentang tidak netralitasnya pihak polri dalam pelaksanaan pilkada. Begitu pula personil yang akan melaksanakan pengamanan di TPS agar senantiasa melaksanakan pengamanan sesuai ketentuan yang ada, khususnya dalam hal pendistribusian kotak suara maupun hasil perhitungan suara yang ada, tegasnya kapolres kolaka 
Sebelum mengakhiri himbaun Kapolres Kolaka mengharapkan kepada personil Polres kolaka yang akan melaksanakan BKO maupun personil yang melaksanakan Standbay di Polres Kolaka yang sewaktu-waktu akan diberangkatkan di Kolaka utara jika memungkinkan adanya perkuatan personil, agar senantiasa selalu siap dan mempersiapkan segala sesuai yang diperlukan baik kelengkapan perseorangan maupun kelengkapan peleton. 
Personil polres kolaka yang akan melaksanakan BKO yang terdiri dari 2 (dua) SST dalmas yang akan melaksanakan standbay di Polres Kolaka Utara, 1(satu) SST melaksanakan BKO pengamana TPS yang rencananya akan diberangkatkan pada hari minggu 12 februari 2017 sekira jam 07.00 Wita, sedangkan 1 (satu) SST personil dalmas kerangka yang akan tetap standbay di Polres kolaka yang setiap saat dapat diberangkatkan kapan saja, ini menunjukkan kesiapan Polres Kolaka dalam memberikan bantuan pengamanan pada Pilkada di Kab. Kolaka utara. (Wawan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.