Penyalahgunaan BBM Bersubsidi Diamankan Polres ROHUL

0
399
Penyalahgunaan BBM Bersubsidi Diamankan Polres ROHUL
Barang Bukti yang Berhasil di Amankan Polres ROHUL

ROKAN HULU, radar-x.net – Jajaran Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Rokan Hulu (Rohul) mengamankan diduga penyalahgunaan pengangkutan dan atau niaga bahan bakar minyak yang disubsidi Pemerintah Selasa (31/1/2017) sekira pukul 06. 30 WIB.

Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH melalui Paur Humas IPDA Suheri Sitorus membenarkan penangkapan Pelaku diduga penyalahgunaan pengangkutan dan atau niaga bahan bakar minyak yang disubsidi Pemerintah bersama Pelaku bernisial AS alias PR (65)(pemilik/pedagang) warga KM 14 Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara.

“Pelaku dan barang bukti damankan di Jalan Umum Mahato Km 24 Kecamatan Tambusai Utara,”jelas IPDA Suheri Sitorus dalam press releasya Rabu, (2/2/2017).

Lanjutnya, pada kasus ini kita sudah periksa saksi-saksi terdiri dari, AR (27) warga Kota Pinang Kampung Baru Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan Provinsi Sumut selaku sopir dan SKS Als S (45) Binga warga Kota Galon Simpang IV Deda Sisumut Kecamatan  Kota Pinang  kernet mobil.

Baca Juga:  Wakil Bupati Banyuwangi Resmikan Masjid Jami' Al-Iklas Kalibaru

Terangnya lagi, barang bukti yang diamankan yaitu, 37 jerigen minyak jenis Solar bersubsidi, 1 slank plastik, 1 unit mobil truck colt diesel merk Mitsubishi Canter FE 74  warna kuning dengan nomor rangka : MHMFE74P5EK115606 dan nomor mesin : 4D34T – K19726.

Paur Humas Polres Rohul menjelaskan, kronologis penangkapan, berawal
Pada hari Selasa tgl 31 Januari 2017 Tim Sat reskrim Res Rohul yang dipimpin oleh Kasat Reskrim  Akp. M. Wirawan Novianto.S.Ds.Sik bersama dengan Kanit Tipidter Ipda Syafaruddin.SH & tiga personil Reskrim sedang  melaksanakan Giat penyelidikan terkait penyalahgunaan niaga bahan bakar yang bersubsidi dari pemerintah dan atau mengangkut bahan bakar minyak tanpa izin usaha pengangkutan di seputaran Jalan umum Km 24 desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara.

Dan Sekira pkl 06.30 wib saat itu melintas 1 Unit truk yang diduga mengangkut bahan bakar bersubsidi tanpa dokumen izin pengangkutan atau niaga ,selanjutnya dilakukan pengecekan oleh tim dan ditemukan barang- berupa 37 jeregen minyak jenis Solar bersubsidi yang dibeli dari SPBU .

Baca Juga:  Hendro Nugraha Tim Sukses Maruli Siahaan Akan Kunjungi MPSU

Dari hasil introgasi terhadap  Sopir dan kernet  diketahui bahan bakar tersebut merupakan milik sdr. AS yang dibeli dari Salah satu Spbu di daerah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu selatan dengan maksud akan dijual kepada Masyarakat di seputaran Desa Mahato.

“Atas temuan itu selanjutnya Tim membawa 1 Unit truck berikut barang2 bawaan serta Sopir dan kernet ke Polres Rokan Hulu serta melakukan pemeriksaan terjadap saudara AS selaku pemilik/ pedagang yang memperjualbelikan BBM tersebut dan dari hasil pemeriksaan penyidik menetapkan saudara AS selaku tersangka dalam perkara.

Menyalahgunakan pengangkutan dan atau niaga bahan bakar minyak yang disubsidi pemerintah sbagaimana yang dimaksud dalam pasal 55 UU Nomor 22 Tahun 2001 Tentang Minyak Dan Gas Bumi,”jelas IPDA Suheri Sitorus. Dan tindakan yang dilakukan, membuat LP Model A, Riksa saksi-saksi, Amankan Pelaku dan Amankan BB. (Fah/rls/Lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.