Pelaku Curanmor Lintas Provinsi Akhirnya Ditangkap Polisi

0
626
Pelaku Curanmor Lintas Provinsi Akhirnya Ditangkap Polisi
Kedua Tersangka Dan 3 Unit Barang Bukti (BB). Foto: FW

ROKAN HULU, radar-x.net – Jajaran Unit Reskrim Polsek Ujungbatu Resor Rokan Hulu Rokan hulu (Rohul), Riau, berhasil mengungkap jaringan tindak pidana pencurian sepeda motor (Curanmor) antar propinsi Riau-Sumut, Kamis (9/2/2017) siang.

Berdasarkan data dari perss release Polres Rokan Hulu Sabtu, (11/2) mengatakan dua orang diduga pelaku curanmor yang diamankan bernisial, M.Zals IZUK  als TUBANG als RUSDI (29), Swasta, Jalan Jeruk Manis Desa Ujungbatu Timur, Ujungbatu, Rohul dan MH  Als MUDA (27), Petani, Desa Sibodak Papaso Kecamatan Sosa Timur, Padang Lawas Prov.Sumut.

Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH melalui Paur Humas IPDA Suheri Sitorus mengatakan, Terungkapnya jaringan curanmor itu berawal dari laporan korban Radius (56) seorang pengemudi warga  perumahan PT Usaha Kita Lestari, di Ujungbatu yang kehilangan sepeda motor miliknya jenis Yamaha Vega ZR BM 3192 UM warna merah maron.

Lanjutnya, Sepeda motor itu diparkirkan korban pada Rabu malam (7/2/2017) sekitar pukul 20.00 Wib, dibelakang Warung warga bernama Intan, di depan PKS PT.RSI Ujung Batu Timur. Namun, saat korban kembali sekitar pukul 23.00 wib sepeda motor tersebut sudah tidak ada lagi.

Setelah dicari di sekeliling warung Intan tersebut, namun sepeda motor tersebut tidak ditemukan, sehingga korban kemudian melaporkannya ke Polsek Ujung Batu.

Berdasarkan laporan itu, Kapolsek Ujung Batu Kompol Kari Amsah Ritonga, SH,SIK, mendapat Informasi bahwa diduga pelaku Pencurian Motor Di Warung milik sdri Intan sedang berada di Warnet 33 Desa Ujung Batu Timur, Ujung Batu.

Kapolsek Ujung Batu lalu memerintahkan Unit Reskrim melakukan Penyelidikan yang dipimpin oleh Panit 1 Reskrim Ipda Aguswandi beserta 3 Personil menyelidiki ke warnet tersebut. Setelah dipastikan bahwa pelaku curanmor tersebut berada di dalam warnet 33 sedang bermain Internet lalu Pelaku di bawa ke Polsek Ujung Batu.

Hasil hasil introgasi terhadap pelaku curanmor di warung Intan tersebut yang bernama MH als Rusdi als Tubang, didapat informasi bahwa dan pelaku mengakui telah melakukan pencurian sepeda motor di 3 tempat dan menjualnya ke luar daerah yakni ke Padang Lawas.

Selain mencuri sepeda motor Di Warung Intan, pelaku juga sudah mencuri di motor Supra Fit Tepi Air Desa Suka Damai, Ujung Batu dan motor Kawasaki Di Afdeling 5 PTPN.

Dari introgasi terhadap pelaku juga, sepeda motor tersebut dijual kepada pelaku lain bernama MH yang berdomilusi di Papaso Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara.

Pelaku MZ kemudia disuruh menghubungi MH melalui Seluler dan membuat janji untuk bertemu di Pasir Pengaraian. Selanjutnya Unit Reskrim menuju ke tempat yang telah ditentukan.

Sekitar pukul14.30, Muda Harahap tiba ditempat yang ditentukan dan dilakukan penangkapan dan dari hasil introgasi diketahui sepeda motor yang didapatnya dari Zulkarnain telah dijual ke Tran Pir Unit IV Kecamatan Huta Raja Tinggi, Padang Lawas.

Selanjutnya unit Reskrim Polsek Ujung Batu membawa kedua Pelaku menuju tempat dimana sepeda motor tersebut dijual. Setibanya di Tran Pir Unit IV Huta Raja, pelaku menunjukan rumah pembeli sepeda motor tersebut, namun rumah itu dalam keadaan kosong karena penghuni rumah tidak ada.

Personil Reskrim lalu berkoordinasi dengan tokoh masyarakat yang ada didaerah tersebut yaitu Mantan Kepala Desa Margomulyo, Samudra Sembiring dan dilakukan mediasi dengan pihak keluarga  pembeli sepeda motor yang dijual oleh Muda Harahap.

Sekitar pukul 22.00 wib pihak keluarga pembeli sepeda motor menelepon mantan Kepala Desa tersebut dan mengatakan bahwa sepeda motor tersebut telah diletakkan di simpang 4 dekat rumah mantan kepala desa.

Personil Reskrim mengecek informasi tersebut dan mendapati 2 ( dua ) sepeda yaitu Supra fit dan Vega ZR di Simpang 4 dekat rumah Mantan Kepala Desa tersebut.

“Kedua pelaku  dan barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Ujung Batu guna Penyidikan serta proses hukum selanjutnya,”jelasnya. (Fah/rls/Lis).

Kedua tersangka dan barang bukti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.