Mengenal Polisi Jujur Aipda Arianto

0
483
Mengenal Polisi Jujur Aipda Arianto
Foto: MK

PEKANBARU, radar-x.net – Siapa yang tidak kenal sosok Polisi yang satu ini, dia jujur, ramah , santun, dan booming di masyarakat jalan garuda sakti, simpang Empat Panam, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.

Dia adalah Aipda Arianto, SH, anggota Sat Lantas Polresta Pekanbaru, Dinas Time Sus yang bergabung sama Dishub Kota Pekanbaru di Pos simpang Empat Panam Garuda Sakti, Kec Tampan, Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Inilah sejarah singkat Profil Aipda Arianto, SH, sang Polisi idola masyarakat sebelum masuk di Jajaran Kepolisian saat di wawancarai di kediaman nya di Bagun Karya, Tuah Karya , Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, (5/2/2017).

Arianto, lahir di Inderapura, tanggal 7/7/1977 ( Transmigrasi-Ad ) Kec. Pancung Soal, Kab. Pesisir Selatan. Ayah nya bernama Ayub, dan ibu nya bernama Musmanidar yang kini sudah Almarhuma. Arianto adalah anak seorang petani yang tamat SMT Adi Karya Balai Selasa Pesisir Selatan tahun 1996 , dia hijrah ke Pekanbaru setelah tamat STM dan bekerja jadi tukang las di jl.sungai duku tanjung huru lima puluh, sekaran nama CV nya menjadi tirta teknik jalan riau milik air haihoz.

“Pada tahun 1998 masuk Polisi sampai sekarang kalau diceritakan tidak disangka bisa jadi polisi anak seorang petani di trans,” ungkap Arianto.

Arianto anak paling besar dari empat bersaudara, adik perempuan nya bernama Santi, Nila, Lidia dan sudah memiliki seorang istri yang bernama Reni Hidayati, dari hasil pernikahan nya dengan Reni Hidayati, lahir lah seorang putri cantik dan sangat pintar yang saat ini sudah menduduki bangku sekolah.
Dan ternyata anak perempuannya, Liefa sangat pintar sekali, terbukti bisa menguasai Bahasa Inggris dan mendapatkan Bintang disekolahnya.

Sebelum menjadi Polisi ternyata dikampung Arianto membantu orang tuanya berkebun dan menjual rumput untuk sapi warga disekitar rumah ditransmigrasi.

Pada program presiden Soeharto dan saat duduk di bangku SDN Sapta, dia dari rumah berjalan kaki menuju sekolah berkisar 10Km, sampai saat duduk di bangku SMP. Pada saat melanjutkan STM di ADi Karya, Arianto kost dan berpindah ke kampung ibuk di balai selasa.

Tidak sampai di situ saja, ketika masih berpangkat Bripda, sosok Polisi yang jujur ini juga pernah mendapat penghargaan Dari Mabes Polri, yang di tanda tangani oleh Inspektur Jendral Polisi. Drs.H.Jusuf Manggabarani yang pada saat itu menjabat sebagai Komandan Komando Operasi Pemulihan Daerah Istimewa Aceh, pada tanggal 25 Febuari 2002 di Banda Aceh, dan juga mendapat penghargaan dari Kapolres Aceh Utara. Arianto juga menceritakan suka duka nya saat di kirim ke Banda Aceh pada Tahun 2002 yang lalu.

Arianto juga menjelaskan visi satlantas Polresta Pekanbaru yaitu menjamin tegaknya hukum di jalan yang bercirikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat yang demokratis sehingga terwujud keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, dan misi Satlantas Polresta Pekanbaru yaitu
mewujudkan masyarakat pemakai jalan yang dapat memahami dan yakin kepada Polantas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dalam kegiatan pendidikan masyarakat, penegakan hukum, pengkajian masalah lalu lintas, registrasi identifikasi ranmor dan pengemudi.

Karirnya tidak terhenti disitu saja, keseriusan dan kegigihan dalam mengabdikan dirinya kepada Polri di Polresta Pekanbaru tak heran bila diri nya juga mendapatkan penghargaan di saat era kepemimpinan Bapak Kapolri Tito Karnavian yang pada saat itu Kapolresta Pekanbaru nya adalah Kombes.Pol Tonny Hermawan S.IK, yang mana pada saat itu Arianto yang menjabat sebagai Bintara Sat Lantas sangat berprestasi karena telah berprestasi dalam pengungkapan pemilik narkoba pada saat pengaturan lalu lintas, dan langsung di berikan penghargaan oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes.Pol.Tonny Hermawan, S.IK pada tanggal 16 Agustus 2016.

Arianto juga pernah membantu pengungkapan kasus pembunuhan seorang mahasiswi tahun 2005 di Jl. Taman Karya dan pelaku di hukum seumur hidup, serta tahun 2007 di Jl. Kulim Gang Jambu.

Arianto yang cukup dikenal dan dicintai rakyat ini, karir dalam kepolisiannya semakin menjulang.

Bentuk kecintaanya kepada institusi kepolisian dia tidak pernah lelah untuk bekerja dan melayani masyarakat di wilayah tempatnya bertugas. (MK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.