Kolaka Expo 2017, Lahan Basah Untuk Para Copet

0
515
Kolaka Expo 2017, Lahan Basah Untuk Para Copet
Foto: Mulyawan

KOLAKA, radar-x.net – Menyambut Hari Ulang tahun Kabupaten Kolaka yang ke 57, pemerintahan Kolaka membuka pameran (pasar malam) yang di berinama ‘kolaka Expo 2017’ yang di laksanakan di lapangan geloro kab. Kolaka, yang hampir setiap malam di padati oleh pengunjung dari berbagai kalangan masyarakat dalam kota Kolaka maupun dari luar kota.

Dari berbagai aneka hiburan yang disiapan oleh pelaksana pameran seperti stand pameran dari tiap instansi pemerintah, arena permainan anak maupun lapak para pedagang musiman memadati lapangan glero Lokasi arena pameran kolaka Expo 2017, dengan keragaman tersebut cukup  mengundang perhatian masyarakat Kabupaten Kolaka untuk berkunjung ke lokasi pameran.

Dengan banyaknya pengunjung yang memadati pasar malam tersebut ternyata cukup menyita perhatian para pelaku copet untuk melakukan aksinya,terbukti dengan tertangkapnya tiga wanita pelaku copet yang sempat digelandang unit gabungan Polres kolaka yang melaksanakan Pengamanan di lokasi pameran Kolaka Expo 2017.

Kasat Reskrim Polres Kolaka melalui Kaurbin Ops Sat Reskrim Polres Kolaka IPDA Muh. Saleng, mengatakan bahwa ketiga pelaku adalah seorang wanita dua diantaranya berusia 40 dan 43 tahun dan salah satunya masih dibawah umur, ketiga pelaku yang berimisial HS, HT dan NN warga dari luar wilayah kabupaten Kolaka, Ungkapnya.

Dari keterangan ketiga pelaku pencurian mengakui bahwa keberadaannya di kabupaten Kolaka belum lama berkisar tiga hari sebelum pelaksanaan kegiatan pameran tersebut, dan salah satu diantaranya mengaku melakukan aksi pencurian dilokasi pameran yang di selanggarakan oleh pemerintah Kab. Kolaka expo 2017 sejak awal pembukaan, yang mana perempuan HS berhasil mengumpulkan hasil curian sebanyak 6(enam) unit HP berbagai merk/type, perempuan HT sebanyak 4 (empat) unit HP berbagai Type/Merk sedangkan perempuan NN mengantongi 1(satu) buah HP Samsung.

Akibat perbuatan ketiga pelaku berdasarkan Laporan polisi Nomor :LP/73/II/2017/Sultra/Res Kolaka tanggal 25 februari 2017, dan berdasarkan alat bukti yang cukup maka ketiga pelaku patut disangkakan terhadapnya pasal 363 KUHP, dan hingga saat ini ketiga pelaku dan Barang Bukti(BB), sudah diamankan di polres Kolaka serta barang bukti untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Kapolres Kolaka AKBP Darmawan Affandy, SIK melalui Kasat Reskrim Polres kolaka IPTU Giadi Nugraha, SIK saat dikonfirmasi ditempat terpisah, membenarkan adanya penangkapan pelaku copet yang terjadi di lokasi pameran Kolaka Expo 2017, yang mana ketiga pelaku dan barang bukti sudah kita amankan, penangkapan pelaku berawal dari laporan masyarakat atas kejadian yang dialami, pihak Polres Kolaka yang terdiri dari gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres Kolaka melakukan penyelidikan atas ciri-ciri ketiga pelaku, pelaku beserta barang bukti ditemukan di rumah kontrakan yang disewa pelaku sejak awal tiba di Kolaka,” ungkapnya.

Mengingat kegiatan pameran Kolaka Expo 2017 masih berlangsung beberapa hari kedepan tentunya kami dari pihak kepolisian Resort Kolaka akan lebih meningkatkan pemantauan dilokasi dengan pengamanan yang lebih intensif sehingga ruang gerak pelaku lainnya lebih sempit, sedangkan untuk pelaku yang telah diamankan hingga saat ini kita dari pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih jauh, kemungkinan adanya komplotan lain yang berada di lokasi ataupun tidak menutup kemungkinan ketiga pelaku merupakan komplotan pelaku copet yang sering melakukan di wilayah lain, sehingga kita juga lakukan koordinasi dengan polres lain yang ada di Sulawesi tenggara maupun Sulawesi selatan mengingat pelaku berasal dari Sulawesi selatan,” Pungkas Giadi.(wawan/mulyadi)      

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.