Kodim 0822 Bondowoso Siapkan Prajuritnya Untuk Menghadapi Tes Kesemaptaan

0
678
Kodim 0822 Bondowoso Siapkan Prajuritnya Untuk Menghadapi Tes Kesemaptaan
Para Prajurit saat pembinaan latihan (Foto:Sukri) 

BONDOWOSO, Radar-X.Net – Untuk mengetahui kondisi kesemaptaan jasmani Prajurit sebagai data awal dalam melaksanakan pembinaan latihan, dan mendapatkan data kesemaptaan jasmani untuk pengembangan karir prajurit khususnya dijajaran Komando Distrik Militer 0822/Bondowoso, dilaksanakan kegiatan pembinaan secara terpusat di Makodim Kodim 0822/Bondowoso. 
Sebagai TNI AD mempunyai tugas pokok menyelenggarakan beberapa fungsi, diantaranya adalah fungsi organik pembinaan di bidang latihan guna meningkatkan kemampuan personel di jajarannya termasuk kemampuan jasmani dalam rangka mendukung tugas pokok. 
Dikatakannya, bahwa tes kesamaptaan jasmani ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan jasmani prajurit dan PNS agar selalu siap melaksanakan tugas pokok. Diharapkan para peserta tes kesamaptaan jasmani ini mampu mencapai niliai minimal 61 atau katagori baik.
Kapten Chb Aliyil Abror, Pasi Intel Kodim 0822 selaku penanggung jawab pengaman menjelaskan, sebelum melaksanakan tes, para peserta diwajibkan untuk pengecekan kesehatan atau tensi terlebih dahulu. Setelah dinyatakan memenuhi syarat untuk melaksanakan kegiatan tes kesamaptaan jasmani maka peserta baru memasuk tahapan selanjutnya hal tersebut harus dilakukan untuk menghindari adanya kecelakaan selama pelaksanaan kegiatan. 
Materi tes kesemaptaan jasmani yang dilaksanakan meliputi, pemeriksaan postur tubuh, tersegaran jasmani dan tes ketangkasan jasmani. Pemeriksaan postur tubuh meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan kelainan struktur anatomi tubuh, pengamatan sikap, gerak dan penampilan. 
“Tes kesegaran jasmani meliputi kesegaran A yaitu lari 3200 meter dan kesegaran B yang terdiri dari pull up, sit up, push up dan shutle run. Untuk kesegaran B masing-masing dilaksanakan selama 1 menit, kecuali shuttle run. Shutle run dilaksanakan 3 kali putaran. Sedangkan untuk tes ketangkasan jasmani adalah renang dasar gaya dada 50 meter.” Jelasnya. 
Ia berpesan, agar para peserta serius dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kesamaptaan jasmani. Karena kegiatan ini juga untuk mengukur kemampuan fisik para peserta. Namun yang paling utama adalah agar mengutamakan faktor keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.
“Para prajurit harus serius dalam kegiatan ini, tetapi juga harus tahu kemampuannya.” Tegas Pasi Intel.
Pembinaan kesemaptaan di jajaran kodim 0822 dilaksanakan 6 bulan sebelum dilaksankan Tes kesemaptaan dilaksanakan di tingkat Korem dan tingkat Kodam dibawah pembinaan Serka Joni Anwar. Hal itu bertujuan agar prajurit sudah siap pada waktu pelaksanaan nantinya. (Sukri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.