Kodim 0822 Bondowoso Melalui Danramil Gelar Penanaman Pohon Mahoni

0
518
Kodim 0822 Bondowoso Melalui Danramil Gelar Penanaman Pohon Mahoni
Situasi saat penanaman pohon dipinggir hutan (Foto:Sukri) 

BONDOWOSO, Radar-X.Net – Kodim 0822 Bondowoso, melalui Danramil Jawa Timur, giatkan kegiatan penanaman guna merehabilitas kawasan hutan dan melindungi masyarakat dari kemungkinan terjadi bencana alam yang kerap terjadi di musim penghujan. 
“Yang penting menanam pohon, minimal satu orang sebanyak empat pohon, kita akan mampu merehabilitasi hutan di wilayah Kabupaten Bondowoso,” kata Danramil 
Danramil 0822/05 Kapten Kav. Sangkrah Nur Dwi A, pada hari Selasa (21/02/2017) bersama camat Wringin, polsek dan seluruh perangkat desa Kabupaten Bondowoso terus berupaya mengedukasi masyarakat untuk melaksanakan berbagai kegiatan penanaman pohon dalam rangka menguatkan ketahanan bumi untuk mengurangi efek pemanasan global.
Dikatakannya, efek pemanasan global yang telah terbukti menyebabkan berbagai bencana alam seperti terganggunya ekosistem alam, kondisi cuaca ektrim, terganggunya sistem tata air daerah aliran sungai, banjir, tanah longsor serta kekeringan yang berdampak terganggunya ketahanan pangan nasional.
“Melalui kegiatan ini, lambat laun kegiatan menanam pohon mulai menjadi kebiasaan yang membudaya di tengah masyarakat. Pemerintah berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pohon bagi kita semua,” katanya. 
Danramil berharap dengan menanam pohon sebanyak mungkin di wilayahnya, maka Kabupaten Bondowoso berpeluang mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan serta mengatasi kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan. 
“Sebagai kegiatan simultan yang berdimensi pemberdayaan, kegiatan penanaman pohon memberikan harapan akan meluasnya dukungan bagi upaya-upaya reboisasi dan rehabilitasi lahan serta meningkatkan produktivitas lahan,” Tambahnya. 
Dijelaskannya, bahwa kegiatan menanam pohon ini merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan partisipasi seluruh komponen masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon serta meningkatkan kepedulian, kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan di wilayahnya.
“Pencanangan gerakan penanaman pohon mahoni ini untuk meningkatkan kepedulian seluruh komponen bangsa akan pentingnya fungsi pohon, antara lain sebagai penghasil oksigen, meningkatkan cadangan air serta menurunkan emisi gas rumah kaca,” pungkas Danramil. (Sukri) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.