Ispa dan Diare Tertinggi Di Desa Mantang

0
367
Ispa dan Diare Tertinggi Di Desa Mantang
Ahmad Julio, Ketua Kelompok PKL Stikes Yasri Mataram. (Foto: Zulkarnain)

LOMBOK TENGAH, radar-x.net – Sehat itu mahal, kalimat ini akrab kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan baik untuk diri kita sendiri, keluarga, maupun masyarakat dilingkungan sekitar tidaklah mudah. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut diantaranya adalah kurangnya membangun diri dalam kepedulian terhadap kesehatan. Hal ini disampaikan oleh Ahmad Julio, ketua Kelompok PKL Stikes Yarsi Mataram, saat melakukan kegiatan Loka Karya di Aula Kantor Desa Mantang, Kamis,(9/02/2017).

Menjaga kesehatan itu sangat penting dan tidaklah mudah. Karena itu, melalui kegiatan Loka Karya ini, kami dari Tim PKL Stikes Yarsu Mataram, mencoba membangun warga desa agar memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap kesehatannya sendiri, tidak hanya berpangku dan mengharap perhatian dari instansi kesehatan seperti Puskesmas dan lainnya, mereka harus bisa mandiri untuk menjaga kesehatannya sendiri”, kata Ahmad Julio.

“Oleh karena itu, kami akan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan yang ada di Desa untuk terwujudnya maksud dan tujuan tersebut, sehingga tercapainya kesehatan yang merata di pedesaan bukan hanya terdapat di Perkotaan saja”,kata Ahmad Julio, menambahkan.

Disamping itu pula, kami akan memberdayakan semua kader-kader yang ada di desa untuk mencoba membantu menangani permasalahan-permasalahan kesehatan yang ada atau mengurangi resiko penyakit serta kasus-kasus penyakit yang ada di desa. Seperti contoh kasus yang terdapat di desa Mantang, dari data yang kami terima, penyakit Ispa dan Diare tertinggi di desa Mantang. Pemberdayaan sangat penting dilakukan. Pemberdayaan kader, pemberdayaan kelas ibu hamil untuk memutus mata rantai Ispa si bayi dan ibu hamil harus menjaga serta mempersiapkan anaknya agar tidak terkena Ispa, dan pemberdayaan lainnya untuk mengurangi resiko penyakit, tandas Ahmad Julianto.

Penyakit lainnya yang cukup banyak terdapat di desa Mantang adalah hipertensi dan asam urat. Kami maklum ini banyak disebabkan oleh faktor usia. Tapi bukan berarti kami tidak mencoba mengurangi resiko penyakit tersebut. Karena itulah, dibutuhkan kerja sama dari semua pihak untuk membantu kami dalam melaksanakan tugas dan fungsi kami dalam melakukan PKL yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sekitar”, tutup Ahmad Julio.
(Zulkarnain/Ramdhan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.