Gugatan Ditolak, Warga Kasang Padang Bonai Darussalam Kecewa

0
301
Gugatan Ditolak, Warga Kasang Padang Bonai Darussalam Kecewa
Murkhas, S.Pd selaku perwakilan dari masyarakat Kasang Padang saat di Kanto BPMPD Rohul. Jumat, (10/2/2017). (Foto: FW)

ROKAN HULU,radar-x.net – Gugatan sengketa pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kasang Padang kecamatan Bonai Darussalam kabupaten Rokan Hulu Ditolak oleh panitia Pilkades tingkat kabupaten. Atas putusan itu warga Kasang Padang kecewa dan tak terima dengan hasil yang telah dikeluarkan.

Dimana panitia menolak semua gugatan yang disampaikan tim pemenangan calon kades nomor urut 1 Sadri atas dugaan pelanggaran yang telah dilakukan oleh calon incumben nomor urut 2 Sabri.

Atas keluarnya putusan itu, sejumlah warga bersama tim sukses, Jumat (10/2/2017) sore mendatangi kantor Dinas pemberdayaan Masyarakat dan pemerintahan desa (DPMPD) dan kantor Bupati Rohul untuk mengkarifikasi terkait ditolaknya gugatan mereka.

Murkhas, S.Pd selaku perwakilan dari masyarakat Desa Kasang Padang mengaku kecewa terhadap sikap panitia Pilkades di tingkat kabupaten yang tak menganulir tuntutannya. Terlebih lagi saat kehadirannya di Dinas PMPD dan kantor Bupati Rohul tak bisa berjumpa dengan pejabat yang berwenang.

Baik kepala Dinas PMPD Abdul Haris maupun ketua panitia tingkat kabupaten Juni Safrin yang juga Asisten I Setdakab Rohul. Mereka hanya bisa bertemu staf di masing-masing tempat.

“Kami ke sini (Dinas PMPD dan Kantor Bupati, red) untuk mengkarifikasi terkait ditolaknya semua gugatan kami. Taunya kami tak berhasil menemui para pejabat yang berkompeten untuk menjelaskan kepada kami. Padahal kami sudah memberitahukan sebelumnya kalau kami hari ini mau datang,” kesal Murkhas didampingi ketua tim pemenangan, Azwir dan para warga lainnya.

Selain itu, terang Murkhas, pada proses gugatan yang dilakukan oleh pihak panitia baik ditingkat desa, kecamatan dan kabupaten pihaknya selaku pelapor tak dilibatkan dalam penyelesaian segketa tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya, pada pelaksanaan Pilkades di Kasang Padang pada 1 Desember 2016 lalu, pihaknya banyak menemuka andanya indikasi-indikasi kecurangan yang dilakukan oleh calon incumben. Seperti adanya pemalsuan identitas berupa warga luar desa bisa memilih di desa Kasang Padang.

“Untuk itu, kami ingin meminta keadilan terhadap semua gugatan yang kami layangkan. Kalau mau bukti, silahkan langsung turun ke lapangan untuk menanyakan kepada masyarakat setempat,” tegasnya.

 Masih ditempat yang sama, Azwir selaku ketua tim pemenangan calon nomor 1, Sadri mengungkapkan dari hasil temuan timnya dilapangan, terdapat sekitar seratusan pemilih yang bukan merupakan warga desa Kasang Padang.

“Kami heran kenapa bisa gugatan kami ditolak. Padahal data yang kami berikan sudah akurat. Bahwa ada sekitar 100 pemilih bukan merupakan warga kasang padang. Itu bisa dilihat dari nomor induk kependudukannya. Ada apa ini,” tanya Azwir penuh curiga kepada Panitia pilkades tingkat kabupaten.

Selumnya pada pilkades serentak yang dilaksanakan di Desa Kasang Padang pada 1 Desember 2016 lalu, dari jumlah 666 daftar pemilih tetap (DPT), calon nomor urut 2, Sabri berhasil mengungguli lawannya dengan nomor urut 1, Sadri dengan selisish 77 suara. (Fah/Lis)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.