Farm Field Day (FFD), Upsus Dan Demfarm Koramil 0822/05 Wringin

0
392
Farm Field Day (FFD), Upsus Dan Demfarm Koramil 0822/05 Wringin
Suasana saat hari temu lapang petani di Kec. Pakem (Foto:Sukri) 

BONDOWOSO, Radar-X.Net – Hari temu lapang petani (Farmer Field Day/FFD) adalah pertemuan antara petani untuk saling tukar menukar informasi dalam menyebarluaskan tentang yang diterapkan melalui demonstrasi usaha tani yang dihasilkan serta umpan baliknya. Hal ini sudah dilaksanakan yang bertempat di Kecamatan Pakem kabupaten Bondowoso, Kamis (23/2/2017)
Dalam pertemuan ini dihadiri oleh H. Nandar Sp.MM., kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, Fery Hadi SSTP. M.Si., Camat Pakem, Kapten Kav. Sangrah D.M.A, Danramil 0822/05 Wringin, Kapolsek diwakili oleh Aipda Khoirul, serta para Mahasiswa KKN Universitas Jember, para Poktan dan Gapoktan se Kecamatan Pakem serta Kelompok Tani “Rahayu“ fesa Petung Kec. Pakem sebagai pelaksana Demfam Padi.
H. Nandar Sp.MM., menjelaskan FFD adalah salah satu metode untuk mempertemukan antar kelompok tani dan petani dan penyuluh dalam rangka membahas dan mendiskusikan serta memyebarluaskan informasi dalam upaya peningkatan produksi panen. 
Dikatakannya, bahwa Pemberdayaan Petani melalui demfarm padi merupakan upaya fasilitasi pembelajaran bagi kelompok tani melalui penerapan teknologi padi yang sudah teruji agar mereka mampu menggunakan potensi yang dimilikinya dalam meningkatkan produksi dan produktivitas padi, sehingga diharapkan dapat mendukung terwujudnya target swasembada pangan dalam rangka Peningkatan Produksi Beras Nasional P2BN khususnya di kecamatan Pakem. 
“Kegiatan Demfarm padi merupakan kegiatan pengawalan dan pendampingan penyuluh di luar lokasi. Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman dan sumber daya Terpadu (SLPTT) difasilitasi melalui Dekonsentrasi pada Satuan Kerja Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Daerah kabupaten Bondowoso. Program Pengembangan SDM Pertanian dan Kelembagaan Petani.” Terangnya. 
Ditambahkannya, dalam pelaksanaannya merupakan perpaduan beberapa metode penyuluhan antara lain ; temu teknis tingkat kecamatan, penyusunan rencana kerja, Rembug tani tingkat desa, kursus tani, dan hari temu lapang (Farmer Field Day). Dari kegiatan tersebut para petani pelaksana diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan serta perubahan sikap ke arah positif, guna mengembangkan usaha taninya yang berorientasi agrobisnis berbasis komoditas padi.
“Untuk menjamin agar pelaksanaan Pemberdayaan Petani melalui Demfarm Padi dapat tercapai sesuai dengan tujuan, maka diperlukan adanya pengawalan dan pendampingan yang dilakukan oleh penyuluh dan Para Babinsa.” Tambahnya. 
Kapten Kav. Sangrah D.M.A, Danramil 0822/05 Wringin mengatakan, bahwa upaya khusus yang dicanangkan oleh pemerintah tersebut bertujuan unuk meningkatkan produksi pangan dalam mencapai swasembada pangan. 
Ia menjelaskan, bahwa TNI dalam hal ini Koramil Wringin siap membantu para petani dilapangan. “Kami TNI siap mendukung apa yang menjadi kebijakan Pemerintah, terlebih untuk mensejahterakan masyarakat, Panglima Besar Jendral Sudirman mengingatkan TNI berasal dari rakyat, bersama-sama rakyat dan TNI adalah anak kandung rakyat, TNI dengan rakyat adalah suatu kekuatan yang luar biasa, yaitu kekuatan inti dari pertahanan bangsa,” ucap Danramil.
“Saya menghimbau kepada masyarakat kecamatan Pakem mau beralih ke Pertanian Organik secara bertahap. Dengan sistem pertanian ini diharapkan kelompok tani kecamatan Pakem dapat meningkatkan produksinya dengan biaya terjangkau, produksi yang aman dikonsumsi dan, bernilai jual tinggi. Siapa tahu kalau hasilnya melimpah bisa diekspor,” tambahnya.
Sementara, Camat Pakem mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak terkait, Khususnya kepada Koramil Wringin yang melakukan kerjasama seputar Ketahanan Iklim di Kecamatan Pakem melalui tingginya peran para Babinsa di Lapangan yang telah rela membantu para petani dalam upaya meningkatkan hasil pertanian dalam rangka upaya khusus agar kita bisa mencapai target swasembada yang telah dicanangkan oleh bapak Presiden. (Sukri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.